Presiden Jokowi berterima kasih kepada masyarakat yang telah ikut membantu penanganan pandemi virus corona di Indonesia dengan menyisihkan sebagian rezekinya untuk masyarakat yang terdampak. Pada kesempatan itu pula, Jokowi menyampaikan terima kasih kepada organisasi kemasyarakatan, khususnya ormas Islam yang turut membantu penanganan pandemi.

“Kita juga patut bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh masyarakat organisasi keumatan dan kemasyarakatan, MUI, NU, Muhammadiyah, dan lain-lain yang ikut bahu membahu memberikan tenaga relawan, bantuan sosial, dan juga fasilitas kesehatan untuk penanganan COVID,” kata Jokowi dalam sambutannya pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Tingkat Kenegaraan yang digelar secara virtual, Kamis (29/10/20).

Baca Saja: Baca dan Pahami Sambil Ngopi Seberapa Kuat Indonesia Dimata Dunia Saat Ini

“Bergerak bersama melakukan kegiatan kemanusiaan, bersinergi dengan pemerintah tanpa memandang perbedaan,” lanjutnya.

Lebih lanjut, Jokowi mengajak masyarakat mencontoh Nabi Muhammad dalam menghadapi pandemi yang telah berlangsung selama 8 bulan.

“Penting sekali bagi kita untuk mengambil pelajaran dari manusia yang paling mulia, Kanjeng Nabi Muhammad. Menyelami samudera kearifan, meraih butir-butir keteladanan dari sosok Nabi,” tuturnya.

Jokowi mengatakan apa yang telah dicontoh dan diperintahkan Nabi Muhammad harus bisa menjadi semangat umat di tengah pandemi corona.

“Karena pandemi tidak bisa dihadapi secara individual oleh orang per orang, atau pemerintah saja tapi memerlukan ikhtiar bersama dengan semangat ukuwah Islamiyah, ukuwah watoniyah, dan ukuwah insaniah,” pungkasnya.

Baca Saja: Peran Penting Jokowi Dalam Islam