Halodunia.net – Operasi Zebra 2020 sudah berlangsung sejak 26 Oktober 2020 lalu. Namun Kapolri Jenderal Idham Azis meminta dengan tegas kepada jajarannya untuk mengedepankan edukasi dan simpati.

Dalam operasi kali ini, Idham tak menargetkan tilang selama masa penindakan. Hal ini diungkap Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono yang mengatakan, Kapolri meminta jajarannya lebih persuasif dan humanis.

“Sebagaimana arahan Pak Kapolri Jenderal Idham Azis, beliau memberikan arahan bahwa Operasi Zebra tahun ini lebih mengedepankan simpatik dan edukasi. Tidak ada tilang dan target tilang. Dalam pelaksanaannya, polisi mengedepankan persuasif dan humanis,” kata Argo lewat keterangannya, Kamis 29 Oktober 2020.

Baca Saja : Polda Jatim Mengucapkan Dirgahayu Divisi Humas Polri ke-69

Korlantas Polri menggelar Operasi Zebra 2020 selama dua pekan ke depan, terhitung sejak 26 Oktober sampai 8 November 2020. Polri menyadari, bahwa operasi kemanusiaan lebih dibutuhkan di tengah pandemi corona. Kegiatan operasi kali ini pun dapat berupa bantuan sembako, penyuluhan, hingga bagi masker.

“Operasi kemanusiaan di tengah pandemi lebih dibutuhkan masyarakat,” ujar Kadiv Humas Polri.

Adapun juga sasaran Operasi Zebra sesuai instruksi dari kapolri yaitu kepada para pengguna kendaraan bermotor roda dua maupun roda empat yang tidak membawa kelengkapan surat – surat seperti STNK, SIM. dan juga bagi pengendara roda empat yang tidak memakai safety belt.

Baca Saja : Sejarah Humas Polri Hingga Div Humas Polri ke 69

Semua itu bertujuan untuk menjadikan para pengguna kendaraan bermotor supaya lebih taat pada aturan lalu lintas, dan menekan angka terjadinya kecelakaan di jalan raya.

Baca Saja : Ulang Tahun Humas Polri Berhasil Ditetapkan