Halodunia.net KetikaTaipan China, Jack Ma, secara mengejutkan muncul kembali ke publik setelah hilang selama kurang lebih tiga bulan. Kemunculan pertama Jack Ma hadir melalui potongan video berdurasi 43 detik yang dilaporkan pertama kali oleh media lokal Tianmu News pada Rabu (20/1).

Dalam video tersebut Ma berbicara kepada para guru pedesaan China sebagai bagian dari salah satu inisiatif yayasan amalnya, Jack Ma Foundation. Pendiri Alibaba Group ini membicarakan soal pentingnya pendidikan, khususnya di pedesaan.

“Saya telah belajar dan berpikir, dan menjadi lebih bertekad untuk mengabdikan diri pada pendidikan dan kesejahteraan umum. Pendidikan, khususnya pendidikan pedesaan, sangat penting…. Kehidupan pedesaan akan menjadi lebih baik dan lebih baik di masa depan,” kata Ma dalam video tersebut.

Video yang membuktikan Jack Ma masih hidup itu cukup mengejutkan dunia. Namun, banyak yang memandang bahwa video itu palsu atau dibuat-buat.

Forbes melaporkan, sulit untuk sepenuhnya mengabaikan kemungkinan bahwa kemunculan singkat Ma bisa jadi merupakan peran dari kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) dan pemrosesan gambar, mengingat saat ini ramai video ‘Deepfake’ yang memalsukan wajah seseorang.

Ada banyak indikasi bahwa video itu masih misterius keasliannya, seperti tidak diketahui lokasi dan kapan video itu dibuat. Kemudian, videonya sangat pendek dan topiknya sangat tidak relevan.

Berikut beberapa kecurigaan terhadap video singkat Jack Ma.

Video tersebut dipublikasikan oleh media pemerintah China, Tianmu News. Bisa jadi ada agenda tertentu.

Alibaba belum memberikan komentar resmi. Namun, hanya juru bicara Jack Ma Foundation yang angkat suara. “Jack Ma berpartisipasi dalam upacara online acara tahunan Pedesaan Pengajar Inisiatif pada tanggal 20 Januari,” katanya.

Video sangat singkat dan tidak membawa informasi identitas yang nyata, tidak ada tanggal tertentu.

Video sangat tidak relevan. Tidak ada yang mengatakan tentang apa pun yang penting, tidak ada tentang peristiwa beberapa bulan terakhir, tidak ada tentang kasus Alibaba atau Ant, atau IPO yang dihapus, atau hilangnya ratusan miliar dolar AS nilai perusahaan.

Forbes juga melihat ada perubahan ekspresi Jack Ma di video terbarunya, terlepas dari apakah itu asli atau tidak. Melihat video tersebut dan membandingkannya dengan video Jack Ma lainnya, ia tidak tampak dramatis dan bersemangat, dengan wajah yang sangat ekspresif dan emosional seperti biasanya.

Dalam video 43 detik, terlihat Jack Ma yang berbeda. Ia terlihat gelisah, bahkan mungkin gugup. Ma menelan ludah beberapa kali dan tidak tersenyum sama sekali. Tangannya beristirahat di pangkuannya dan tidak bergerak.

Meski begitu, kemunculan video Jack Ma pertama kali setelah menghilang membuat perusahaan Alibaba Group untung. Saham Alibaba melonjak dengan keuntungan 40 miliar dolar AS dalam satu hari.