Kacang tanah berasal dari keluarga kacang-kacangan. Olahan makanan kacang tanah seperti selai dan bumbu kacang juga sering dikonsumsi. Bicara soal kacang tanah, bolehkah pasien diabetes mengosumsi kacang tanah?

Kacang tanah bukanlah karbohidrat yang buruk dan tidak akan memengaruhi kadar gula darah secara negatif. Dilansir dari Times Now News, Kamis (20/8), menurut National Peanut Board, penderita diabetes dapat mengonsumsi kacang tanah dalam bentuk biji dan selai. Asalkan tidak memiliki riwayat alergi.

Baik kacang tanah maupun selai kacang memiliki indeks glikemik yang rendah yakni 13-14. Sehingga aman untuk pasien diabetes. Bagaimana cara memasukkan menu kacang tanah untuk pasien diabetes? Meski begitu, tetaplah harus berkonsultasi dengan dokter untuk mengatur batasan porsinya.

1. Dipanggang

Panggang kacang kering. Masukkan dalam salad, tambahkan sayuran seperti bawang dan tomat, perasan lemon dan bumbui. Ini bisa berfungsi sebagai sarapan cepat.

2. Sandwich

Selai kacang adalah sumber lemak sehat, dan sangat bagus untuk menurunkan berat badan. Atau bisa sebagai camilan diet diabetes. Anda bisa membuat sandwich dengan roti gandum sebagai camilan.

3. Smoothie dan Minuman

Campurkan kacang tanah pada minuman baik smoothie atau minuman lainnya. Kacang tanah juga memberi efek antioksidan tepat di awal hari.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments