Bencana memang sebuah kalimat yang mengandung sebuah kejadian nyata yang tidak bisa dihindari tapi bukan berarti hal tersebut tidak bisa di antisipasi, Surabaya Menjadi salah satu kota yang semua pemimpin diwilayah Kota Besar tersebut wajib memahami dan mempunyai strategi dalam penanggulangan sebuah bencana, sekecil apapun bencana tersebut wajib di tanggulangi.

Persiapan dalam penanggulangan bencana alam di Kota Surabaya sudah disiapkan. Hal itu dapat dilihat pada waktu apel kesiapsiagaan penanggulangan bencana yang di adakan di halaman balai kota Surabaya.

Dalam apel tersebut, dihadiri oleh walikota beserta forkopimda dan Kapolrestabes Surabaya Kombes pol Isir. Tujuan diadakan apel tersebut untuk melihat seberapa jauh kemampuan para petugas dan masyarakat untuk menghadapi bencana alam yang sewaktu-waktu datang tanpa peringatan sebelumnya.

Baca Saja: Surabaya Tanggap Bencana, Begini Kesiapan Polisi dan Wali Kota

Saat apel usai, Kapolrestabes beserta walikota meninjau langsung lokasi yang menjadi titik rawan datangnya bencana seperti banjir, dan bencana lainnya. Selain itu, nantinya para petugas tanggap bencana inilah yang akan berperan penting sebagai ujung tombak dalam pemberitahuan, penyelamatan jika terdapat korban jiwa. Tidak lupa juga proses evakuasi wajib, itu merupakan proses yang sangat penting supaya tidak terjadi jatuhnya korban jiwa.

Surabaya memang kota dengan kawasan padat penduduk, tidak menutup kemungkinan bencana juga datang dari diri sendiri atau disebut juga “Human Error”. Semua juga bekerja sama dalam proses evakuasi jika terjadi bencana. Ratusan tim penyelamat pun sudah disiapkan.

Bencana datang tidak dapat diduga, maka dari itu semua masyarakat kota Surabaya diminta untuk tetap waspada, apalagi sudah memasuki pergantian musim tahun ini.

Baca Saja: Divisi Humas Polri Gelar Latihan Untuk Liputan Bencana Bagi Wartawan