Wakil Presiden Jusuf Kalla berharap hubungan Indonesia-Jepang semakin kuat di masa mendatang. JK menyebut Jepang sebagai mitra kerja sama yang penting.

Hal ini dikatakan JK pada acara peringatan hari ulang tahun ke-84 Kaisar Jepang Akihito di Hotel Mulia, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2017).

“Jepang juga membantu pembangunan di Indonesia, di antaranya bantuan proyek pembangunan pelabuhan baru (pengembangan sentra perikanan dan kelautan), MRT, pertanian, sosial-budaya, dan pengembangan sarana pendidikan,” kata JK.Di mata Jepang, lanjut JK, Indonesia juga merupakan mitra yang strategis. Sebab, kedua negara terlibat dalam berbagai forum kerja sama.

“Sebaliknya, bagi Jepang, saya yakin Indonesia juga merupakan mitra kerja sama yang sangat penting. Kemitraan kedua negara semakin erat dengan diselenggarakannya Forum Kerja Sama Strategis Bidang Maritim yang ditandatangani tahun 2016,” ujarnya.

Ditambahkannya, Indonesia memiliki keinginan kuat untuk mempercepat kerja sama maritim di bidang keamanan dan keselamatan maritim, pembangunan ekonomi, termasuk infrastruktur dan konektivitas maritim, pelatihan dan pendidikan serta bidang lain yang strategis bagi kedua negara.

Tidak lupa, JK memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada Kaisar Jepang Akihito.

“Atas nama pemerintah dan rakyat Republik Indonesia, saya ingin mengucapkan selamat atas perayaan hari ulang tahun ke-84 Kaisar Jepang Kaisar Akihito. Untuk itu, pemerintah dan rakyat Indonesia mendoakan kesehatan dan kesejahteraan bagi Yang Mulia Kaisar Akihito,” ucapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here