Halodunia.net РApakah kamu pernah mengalami puffy face atau wajah bengkak setelah bangun tidur di pagi hari? sebenarnya hal ini wajar, tapi jika tak segera diatasi tentunya bisa menggangu penampilan.

Wajah bengkak bisa disebabkan oleh posisi kepala saat tidur, perubahan hormon, stres, dehidrasi, dan sering mengkonsumsi makanan tinggi garam. Melansir dari alodokter, Kamis (8/10/2020) berikut tips atasi wajah bengkak setelah bangun tidur.

1. Cuci muka dengan air dingin

Mencuci muka dengan air dingin segera setelah bangun tidur dapat membantu mengurangi bengkak di wajahmu. Pada dasarnya, bengkak adalah tumpukan cairan yang dibawa darah ke daerah wajah saat tidur. Nah, air dingin akan mengurangi aliran darah ke wajah sehingga bengkak tak berlanjut.

2. Kompres wajah dengan mentimun

Mentimun mengandung antioksidan yang diyakini bermanfaat untuk membantu mengempiskan area sekitar mata yang bengkak. Untuk hasil yang maksimal, kamu bisa menggunakan mentimun dingin yang telah diletakkan di kulkas.

3. Kompres wajah dengan air hangat

Setelah air dingin, kamu juga bisa mengompres wajah dengan air hangat. Mengompres wajah dengan air hangat bermanfaat untuk melancarkan aliran cairan yang menumpuk di wajah. Namun, hindari area sekitar mata ya.

4. Minum air putih

Selain bermanfaat untuk menghilangkan radikal bebas dalam tubuh, minum air putih setelah bangun tidur juga bermanfaat untuk mengatasi wajah bengkak. Air putih dapat menyeimbangkan kadar garam dan air dalam tubuh sehingga keluhan wajah bengkak setelah bangun tidur akan berangsur-angsur hilang.