Halodunia.net – Dunia maya dihebohkan dengan sebuah unggahan foto surat bersih diri dari peristiwa G30S/PKI.

Menariknya, surat yang ditulis menggunakan mesin ketik dan ejaan lama itu ditemukan oleh seorang remaja asal Surabaya, Muhammad Alvito Faiq (16), dari bekas bungkus bawang yang dibeli oleh ibunya di pasar.

“Pagi tadi saya ngerjain tugas sekolah, kebetulan juga Ibu habis pulang dari pasar. Lalu pas buka bungkus bawang, kakak saya sekilas lihat ejaan lama di kertasnya,” ujar Alvito kepada kumparan di hari yang sama.

Sang kakak mengaku kaget dan akhirnya menceritakan kejadian itu kepada Alvito. Setelah ditelaah, surat tersebut memang berisi pengakuan bebas atau yang disebut Keterangan Bersih Diri (SKBD).

SKBD merupakan surat yang menyatakan bahwa yang bersangkutan tidak terlibat pada peristiwa G-30S PKI. Hal itu kemudian juga disadari oleh Alvito dan menceritakannya di media sosial pribadinya.

“Dari atas sampai bawah ternyata seperti berkas surat bersih diri dari segala kegiatan PKI,” imbuhnya.

Alvito mengaku, awalnya dia berencana akan memberikannya ke pihak museum, namun sampai detik ini belum mengetahui caranya.

Bahkan, dia mengaku, sudah ada warganet yang menawar untuk membeli surat tersebut dengan nominal yang belum disebutkan.

“Berhubung masih belum tau caranya ya jadi ditahan dulu. Untuk yang mau beli sudah ada 1 orang yang menawar dan akan saya diskusikan dengan keluarga,” tutupnya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
2 Comments
Oldest
Newest Most Voted
Inline Feedbacks
View all comments
trackback

[…] BACA JUGA : SURAT BERSIH DIRI DARI G30S/PKI JADI BUNGKUS BAWANG […]

trackback

[…] BACA JUGA : SURAT BERSIH DIRI DARI G30S/PKI JADI BUNGKUS BAWANG […]