Vaksin corona merupakan produk yang paling ditunggu-tunggu seluruh masyarakat di dunia saat ini, termasuk di Indonesia. Kehadirannya akan menenangkan publik di tengah pandemi yang telah merenggut nyawa banyak orang.
Di Indonesia, upaya penemuan vaksin terus dilakukan. Ada dua cara, melalui kerja sama dengan negara lain dan murni dikerjakan peneliti lokal.
Melalui kerja sama global, RI kerja sama dengan dua negara yakni China dan Korea Selatan. Dengan China, kita bekerjasama dengan Sinovac. Sementara Korsel dengan Genexine.
Kabar Baik: Vaksin Corona dari Sinovac, China, Tiba di Indonesia (1)
Duta Besar Indonesia untuk China Djauhari Oratmangun mempromosikan peluang investasi di Indonesia. Foto: KBRI China
Hari ini, kabar baik soal vaksin corona itu datang. Vaksin corona dari Sinovac kini sudah tiba di Indonesia dan siap memasuki uji klinis tahap III.
“Iya sudah tiba Minggu (19/7). Untuk detailnya silakan tanya Jubir Kemlu,” kata Dubes RI untuk China Djauhari Oratmangun saat dikonfirmasi, Senin (20/7).
Vaksin buatan Sinovac memang menjadi salah satu kandidat vaksin corona yang paling maju di dunia. Mereka sudah berhasil menjalankan uji klinis hingga tahap II.
Nah di tahap ketiga, vaksin ini harus diuji ke ribuan orang. Selain ke Indonesia, Sinovac juga mengirimkan vaksin ke beberapa negara di Eropa.
Kabar Baik: Vaksin Corona dari Sinovac, China, Tiba di Indonesia (2)
Ilustrasi vaksin Bacillus Calmette Guerin (BCG). Foto: Shutter Stock
Di Indonesia, vaksin buatan Sinovac akan diuji coba lebih lanjut oleh PT Bio Farma yang bekerja sama dengan Universitas Padjadjaran dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) .Mereka inilah yang akan mempersiapkan uji klinis tahap tiga tersebut.
Bio Farma juga pasti akan berkoordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).
Menkes Terawan Agus Putranto sebelumnya menyebut, vaksin dari Sinovac ini akan mendapat izin edar di Indonesia awal 2021.
0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments