•  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

ingin memulai bisnis franchise tapi masih bingung? yuk simak tips menarik dari gelut.com tentang bagaiman sih membangun bisnis franchise bagi anda yang masih pemula agar tidak salah mengambil keputusan dalam menjalankan bisnis waralaba ini.

Bisnis waralaba adalah bisnis yang sedang ngtrend saat ini di kalangan pengusaha pemula hingga yang sudah mahir. Jika anda ingin memulai atau sekedar ingin tahu tentang bisnis waralaba ini yang kata orang bisnis yang menguntungkan, yang pertama anda lakukan adalah mempertimbangkan matang-matang dan melalui beberapa tahap. Karena membangun bisnis sejatinya memerlukan sebuah pengorbanan dan dedikasi yang tinggi. karena tanpa kedua hal tersebut sangat penting demi kemajuan usaha yang anda lakukan.

Dengan artian membangun bisnis franchise di perlukan keseriusan dan siap mengorbankan waktu dan pikiran demi tercapainya tujuan bisnis yang anda cita-citakan.

untuk memulai bisnis waralaba ada 4 tips dari gelut.com yang mungkin bisa anda praktekan.

Membangun Bisnis Franchise

membangun bisnis franchise membangun bisnis franchise Tips Membangun Bisnis Franchise / Waralaba Bagi Pemula Franchise advantages
image via shutter-franchise.co.uk

1. Kenali Diri Anda Terlebih Dahulu

Sebelum memulai bisnis waralaba ini mungkin ada baiknya untuk kenali diri anda terlebih dahulu, cari tahu tentang diri anda sebenarnya itu seperti apa, usaha seperti apa yang cocok bagi anda dan jenis usaha yang bagimana yang sekiranya cocok bagi anda.

Jika anda adalah seorang ibu rumah tangga, mungkin bisnis franchise yang cocok adalah franchise makanan, pakaian ataupun produk kecantikan. Jika anda mempunyai passion memasaka, franchise makanan adalah pilihan terbaik anda.

2. Kenali Potensi Franchise Yang Anda Pilih

Ketika anda sudah menetukan pilihan bisnis waralaba yang anda inginkan, selanjutnya adalah pilih waralaba yang sesuai dengan passion anda.

Namun sebelum memilih waralaba yang akan anda jadikan bisnis, sebaiknya kenali dulu beberapa hal berikut

  • berapa lama sih waralaba tersebut berdiri?
  • sudah berapa banyak yang menjadi cabang waralaba tersebut?
  • Berapa modal yang di butuhkan dalam memilih waralaba tersebut?

Apabila franchise tersebut sudah berjalan setidaknya lebih dari 4 tahun dan mempunyai puluhan hingga ratusan cabang, mungkin franchise tersebut bisa anda pilih untuk membangun bisnis franchise ini. Data teresbut menggambarkan bahwa Franchise tersebut memiliki potensi yang bagus.

kalau ursuan modal tergantung pribadi anda sendiri ya, kami sarankan bagi pemula modal jangan terlalu besar. Pilihlah friachise dengan tingkat modal kecil hingga menengah.

3. Marketing / Pemasaran

franchise hanyalah sebuah produk yang tidak akan bisa berjalan dengan sendirinya tanpa di jalankan dengan keseriusan. Jika anda membiyarkan franchise tersebut berjalan ala kadranya maka akan sangat sulit untuk berkembang.

Oleh sebab itu, anda harus jago dalam memasarkan produk tersebut. teknik pemsaran yang baik akan menhasilkan keuntungan yang luar biasa. Bahkan waralaba seburuk apapun jika di kelola dengan teknik pemasaran yang baik maka akan mudah kemungkinan besar franchise tersebut akan sukses.

Berbanding terbalik dengan sebaik apapun franchise tapi tanap teknik pemasaran yang baik maka akan sulit untuk bisa sukses.

membangun bisnis waralaba membangun bisnis franchise Tips Membangun Bisnis Franchise / Waralaba Bagi Pemula marketing 1 1
image via sribu.com

Hal di atas mempunyai arti bahwa produk berkualitas meman penting, namun yang terpenting adalah bagaiman cara anda bisa menjual produk tersebut ke banyak orang.

Bagi anda yang belum tahu menahu tentang teknik pemasaran tenang saja, caraya cukup  mudah kok. yang pertama harus anda lakukan adalah pilih lokasi yang startegis dan orang-orang yang lewat adalah orang yang interest dengan produk yang anda punya.

pasti anda akan beranggapan dan berfokus pada mall, lupakan hal tersebut, karena bagi pengusaha pemula dan langsung menggelontorkan dana yang cukup besar maka akan sangat riskan. Karena menyewa sebuah tempat di mall di butuhan biaya yang tidak sedikit, di tambah lagi  bagi anda yang masih pemula, saya pastinya keuangan bisnis anda tidak sehat karena selalu terbebani dengan ongkos sewa yang mahal.

Sebagai alternatif bisa anda pilih tempat yang lain sepertihalnya ruko atau yang lainya.

4. Perbesar jaringan Bisnis Anda

Jika binis franchise yang anda bangun sudah berkembang dengan pesat dan profit keuntunganya pun besar, saya sarankan untuk memperbesar dan memperbanyak bisnis anda. Jika masih anda ruang coba lakukan bisnis yang sama. Anda hanya perlu mengulanginya dan hal tersebut sangat mudah karena anda sudah tahu bagimana menjalankan bisnis tersebut.

Jika tidak ada ruang, coba lah bisnis yang lain. Disini ada sudah mempunyai mental pengusaha terbukti dari bisnis yang sudah anda lakukan. Dalam menjalankan bisnis yang baru anda hanya pelu memodifikasi dari konsep bisnis yang sudah anda jalankan untuk usaha baru anda. Untuk hal tersebut anda pastinya tau lah apa yang harus anda lakukan.

Artikel tentang peluang usaha lainya :

Oke mungkin cukup sekian artikel tentang bagimana cara membangun bisnis franchise bagi pemula. jangan lupa simpan artikel ini jika sewaktu-waktu anda membutuhkan dengan cara share di akun sosial media yang anda punya.


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •