Tak sedikit artis yang peduli dengan HIV/AIDS. Bahkan mereka melakukan upaya seperti menjadi aktivis pencegahan penyakit ini atau mendirikan yayasan HIV/AIDS.

Mengutip Esquire dan Healthline pada Jumat (1/12/2017), berikut lima artis yang punya kepedulian tinggi terhadap HIV/AIDS.

1. Elton John

Pria asal Inggris ini sudah lama banyak bicara tentang HIV AIDS. Terlebih dengan orientasi seksual ke sesama jenis, membuatnya lebih berisiko terkena HIV. Walau begitu, dia selalu rutin tes HIV dan hasilnya negatif.

Terkait latar belakang itu, membuat Elton John merasa terpanggil untuk berbuat sesuatu terhadap pencegahan HIV AIDS. Di 1992, dia mendirikan Elton John AIDS Foundation. Berbekal koneksi dan popularitasnya, John berhasil mendapatkan jutaan dollar untuk mendukung pengobatan HIV.

2. Bono ‘U2’

Vokalis band U2 ini memang dikenal aktif dalam beragam aktivitas sosial. Pada 2006, dia bekerja sama dengan Bobby Shriver membuat RED Foundation.

Mereka berusaha mendekati orang-orang berpengaruh di dunia dan ke perusahaan besar mensosialisasikan program dalam melawan atau mengobati orang denganHIV/AIDS. Kerja keras yayasan tersebut berhasil mendulang jutaan dollar yang kemudian diberikan ke Global Fund to Fight AIDS TB and Malaria.

3. Alicia Keys

Penyanyi “If I Ain’t Got You” ini gencar bersuara soal bahaya HIV sejak usia 20-an. Dia pun melakukan upaya penggalangan dana. Pemenang Grammy Awards belasan kali ini berhasil mengumpulkan banyak uang untuk mendukung pengobatan pasien AIDS di India dan Afrika.

4. Lady Gaga

Penyanyi nyentrik ini punya hati mulia. Salah satu aksinya adalah mengampanyekan pencegahan HIV/AIDS lewat kondom.

Gaga promosi pencegahan dan bahaya HIV/AIDS dengan memakai kondom lateks sebagai pakaian di sebuah program televisi. Siapa sangka, usahanya itu berhasil mengumpulkan uang senilai US$50 juta di 2011.

5. Ellen DeGeneres

Cara presenter satu ini membawakan sesuatu dengan cerdas, tajam, dan mampu membuat penonton tertarik. Kemampuan itu dimanfaatkan untuk sesuatu yang baik, termasuk meningkatkan kesadaran akan bahaya HIV AIDS.

“Perjuangan melawan AIDS adalah sesuatu yang dekat denganku. Dan aku senang bisa menggunakan aneka media dan sarana komunikasi yang aku miliki untuk menyebarkan dan mengedukasi akan hal ini,” katanya saat itu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here