Apple resmi meluncurkan empat iPhone terbaru pekan lalu. Keempat perangkat iPhone tersebut ialah iPhone 12 Mini, iPhone 12, iPhone 12 Pro dan iPhone 12 Pro Max.

Kendati belum merata dipasarkan di banyak negara di seluruh dunia, iPhone 12 Series berdasarkan pengujian yang dilakukan dikabarkan memiliki peningkatan performa dibanding model sebelumnya. Khususnya, peningkatan tersebut berasal di chipset atau prosesor A14 yang ada pada model iPhone 12 Pro.

Tentunya dengan setiap peningkatan iPhone, banyak pihak terutama para Apple Fanboys atau fans Apple berharap kinerja akan meningkat juga dibanding model pendahulunya. Dengan iPhone 12, Apple telah melengkapinya dengan chipset A14 Bionic yang banyak diharapkan juga akan muncul di komputer Mac yang didukung Apple Silicon milik perusahaan.

Jadi pertanyaannya, apakah iPhone 12 berpotensi sekuat laptop atau desktop? Menurut penampakan baru-baru ini di GeekBench 5, iPhone 12 Pro telah membuat penampilan yang tampaknya telah meningkatkan kinerja dibandingkan iPhone 11 Pro.

Peningkatan performanya dilaporkan cukup jauh. IPhone 12 Pro disebut berhasil mencetak 1.597 dan 4.152 dalam hal skor single dan multi-core. Angka tersebut unggul dibandingkan dengan iPhone 11 Pro yang masing-masing hanya berhasil mencetak skor 1.329 dan 3.468 pada pengujian single-core dan multi-core.

Baca Juga: Presiden Jokowi: Soal Penanganan Vaksin Virus Covid-19 Jangan Dianggap Remeh

Namun, kendati tampak unggul berdasarkan pengujian di GeekBench 5, penampakan di AnTuTu disebut berkata lain. Chip di balik perangkat iPhone baru itu justru dilaporkan mungkin tertinggal urusan performanya jika dibandingkan dengan chip milik Qualcomm yakni Snapdragon 865 Plus.

Ini aneh karena pada GeekBench 5, iPhone 12 Pro duduk di atas Asus ROG Phone 3 yang menggunakan Snapdragon 865 Plus dan juga memimpin dengan selisih yang cukup besar. Kami tidak yakin mengapa kami melihat nomor yang berbeda, tetapi mungkin kami harus menunggu ponsel dirilis sebelum kami dapat menantikan beberapa pengujian di dunia nyata.