Siapa nih yang doyan banget main di taman bermain seperti Dufan atau Trans Studio? Berbagai wahana permainan tersedia dan bisa kamu nikmati sesuai keinginan.

Tapi, pernah kebayang gak sih gimana kalau wahana yang kamu naiki tiba-tiba macet? Pasti ngeri banget dan kamu bakal trauma untuk beberapa saat nih!

Ada lho beberapa taman hiburan dari seluruh dunia yang pernah mengalami kejadian tak mengenakkan seperti itu. Berbagai penyebab bisa menjadi alasan terjadinya macet mesin di wahana yang bersangkutan.

Bahkan, beberapa taman hiburan di Indonesia juga perna mengalaminya! Berikut ini IDN Times rangkum beberapa kejadian wahana macet yang terjadi di seluruh dunia!

1. Shanghai Disneyland, China

Disneyland memiliki sebutan sebagai the happiest place on earth (tempat paling bahagia di dunia). Namun, kejadian mengerikan justru dialami pengunjung Shanghai Disneyland.

Soaring Over the Horizon, wahana empat dimensi (4D) itu tiba-tiba berhenti setelah lima menit berjalan. Pengunjung wahana tersebut terjebak di udara saat bangku terangkat dan melayang. Untung saja sabuk pengaman masih terikat dan bangku kembali turun setelah 38 menit terhenti.

2. Pleasurewood Hills, Inggris

Bisa bayangkan bagaimana rasanya terjebak di atas rollercoaster macet selama dua jam? Wahana Wipeout di taman hiburan Pleasurewood Hills, Inggris, mengalami kemacetan pada 17 Juli lalu.

Empat truk pemadam kebakaran dikerahkan demi menyelamatkan penumpang yang terjebak diketinggian 50 kaki atau setara 15,24 meter. Rollercoaster ini tiba-tiba terhenti saat berada di puncak tertinggi lho! Hmmm….

3. Dreamworld, Australia

Taman hiburan di Queensland, Australia, ini juga pernah mengalami kejadian yang tak mengenakkan. Buzz Saw, wahana rollercoaster selama setengah jam tiba-tiba berhenti di tengah putaran.

Insiden ini terjadi pada 6 Maret lalu. Penumpang rollercoaster ini terjebak dalam posisi tegak lurus dari permukaan tanah. Bisa kamu bayangkan betapa mengerikannya kejadian itu. Seluruh penumpang akhirnya dapat dievakuasi menggunakan tangga pengaman.

4. Cologne Cable Car, Jerman

Bukan sebuah taman bermain, tapi Kota Kolon di Jerman memiliki sebuah wahana kereta gantung. Pemandangan kota setempat bisa disaksikan langsung dari ketinggian.

Namun pada 30 Juli lalu, salah satu kereta gantung mengalami kerusakan dan menabrak pilar penahan. Akibat hal tersebut, 100 orang terjebak di kereta gantung. Untungnya, tim evakuasi berhasil menyelamatkan semua penumpangnya! Ngeri banget nih kalau mengalaminya sendiri!

5. Jawa Timur Park 1, Batu

Wahana Flying Tornado di taman bermain ini juga sempat tak berfungsi saat sedang beroperasi. Kejadian ini terjadi pada 26 Januari 2009 silam. Wahana ini berhenti akibat arus listrik PLN yang labil.

Penumpang wahana harus menunggu lebih dari satu jam hingga bisa dievakuasi. Untungnya tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

6. Dunia Fantasi Ancol, Jakarta

Baru-baru ini beberapa wahana di Dunia Fantasi (Dufan) sempat terhenti akibat matinya aliran listrik. Kejadian tersebut menyebabkan rollercoaster macet di ketinggian pada 25 November 2017.

Petugas wahana pun tak tinggal diam. Mereka segera mengevakuasi pengunjung melalui jalur kereta. Setelah beberapa saat terhenti, aliran listrik langsung switch ke genset yang selalu standby. Semua pengunjung pun bisa kembali menikmati wahana-wahana lainnya.

7. Suroboyo Carnival Park, Surabaya

Tiga orang pengunjung Suroboyo Carnival Park sempat terjebak di wahana Omah Mumet pada 19 Juli 2015. Wahana ini berbentuk sebuah rumah yang menawarkan sensasi terbang, berputar, dan berayun di udara.

Wahana ini tiba-tiba macet di akhir permainan, sehingga menyebabkan posisi turun yang tidak sempurna. Ternyata terdapat masalah di mesin hidrolik Omah Mumet itu. Kalau kamu yang berada di wahana itu, kira-kira bagaimana perasaanmu?

Pihak taman hiburan setiap pagi selalu melakukan pengecekan terhadap semua wahana permainannya. Namun, masalah teknis di luar kendali bisa saja terjadi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here