Halodunia.net.polresjember – Kepala Satuan Lalu Lintas AKP. Jimmy Heriyanto H Manurung, SH, S.I.K. menyampaikan, sebelum mengikuti praktek mengemudi, kaum difabel terlebih dahulu mengikuti test tertulis secara online di Kantor Satlantas Polres Jember dengan materi UU No 22 Tahun 2019 tentang lalu lintas.

Menyambut Peringatan Hari Disabilitas Internasional pada tanggal 3 Desember 2020. Satuan Lalu Lintas Polres Jember mengadakan pelatihan uji praktek SIM bagi penyandang disabilitas, yang di ikuti 50 peserta uji materi dan uji praktek.

Dalam kegiatan tersebut para peserta di wajibkan mematuhi protokol kesehatan dengan menggunakan masker, cuci tangan dan menjaga jarak, selain itu anggota juga memberikan pelayanan dengan memberikan air mineral dan membagikan snake ke kepada peserta, hal tersebut sebagai kepadulian anggota Kepolisian kepada masyarakat. Sabtu (28/11) 2020.

“Para penyandang disabilitas melaksanakan uji praktek mengemudi kendaraan bermotor roda tiga dengan dipandu salah seorang petugas penguji praktik pemohon SIM. Karena setiap pengemudi kendaraan bermotor harus mengantongi SIM tak terkecuali kaum difabel,” ujar Kasatlantas Polres Jember.

Kasatlantas mengatakan, “Setelah lolos ujian tertulis dan praktek mengendarai kendaraan bermotor roda tiga, penyandang disabilitas akan mendapatkan SIM D yang diperuntukan khusus bagi kaum difabel,” ujar Kasat Lantas.
“Selama ini, banyak penyadang disabilitas yang belum punya SIM D,” imbuh Kasat Lantas.

Jimmy menuturkan, “Pelayanan pembuatan SIM D bagi penyandang disabilitas di Kabupaten Jember dimaksudkan agar kaum difabel bisa ikut terlibat mempelopori keselamatan berlalu lintas di jalan raya,” tutunya.

Lanjut Jimmy, dalam ujian praktek mengemudi sepeda motor roda tiga kaum difabel diminta memperagakan ketrampilan mengemudi yang meliputi ; melewati lintasan, tehnik pengereman, zig zag, tehnik menghindar, cara berbalik arah dan memutar angka 8.

“Dengan mengantongi SIM D, teman-teman penyandang disabilitas dapat ikut mewujudkan keamanan, keselamatan, kekertiban dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas) dan pelopor keselamatan berlalu lintas,” ungkapnya.

Salah satu peserta penyandang Disabilitas dari Wuluhan Yanit Hariayani mengatakan, “Dengan adanya pelatihan uji praktek SIM ini sangat membantu temen-temen penyandang Disabilitas,” kata Yanit.

“Saya menyampaikan terimakasih kepada Satlantas Polres Jember yang telah memberikan fasilitas bagi kami dan saya sangat bersyukur telah mengikuti pelatihan uji praktek SIM yang dilaksanakan oleh Satlantas Polres Jember dalam memperingati Hari Disabilitas Tahun ini,” pungkasnya. (ATR HUMAS)