Home Blog

PENDIAM TAK MUDAH TERPROVOKASI, INI SOSOK LISTYO SIGIT

0

Komjen Listyo Sigit Prabowo belakangan ini ramai menjadi perbincangan hangat masyarakat, usai Presiden Joko Widodo mengajukan dirinya sebagai calon tunggal Kapolri pengganti Jendral Idham Aziz. Alumni Akademi Polisi (AKPOL) 1991 tersebut teryata juga lulusan SMA 8 Yogyakarta tahun 1988 silam .

Semasa sekolah, Listyo Sigit kecil adalah remaja yang pendiam dan tak banyak tingkah. Hal tersebut diungkap oleh Drs. Suhardi , yang tak lain Guru Seni Rupa Jendral bintang tiga tersebut.

“Mas Listyo Sigit dulu di kelas pendiam, anaknya tidak macam-macam,” ungkap Suhardi kala ditemui awak media dirumahnya , Galur Kulon Progo.

Sebagai pelajar , karakter kepemimpinan Listyo Sigit kecil kala itu sudah terbentuk. Remaja yang aktif dan kompeten di seni beladiri ini merupakan sosok yang tak mudah terprovokasi. Bagaimana tidak, saat seluruh siswa di kelasnya memilih bolos , ia justru tetap berdiam diri didalam kelas dan memilih tak terprovokasi hingga jam pelajaran usai .

“Saat itu ada jam kosong, satu kelasnya mau mbolos rame-rame, tapi Mas Listyo ini dan dua orang temannya bersikukuh tetap di kelas,” jelasnya sambil tertawa. Kenangan ini , diakuinya menjadi momen yang paling diingat selama mengajar bocah , yang ternyata menjadi calon Kapolri Pilihan Istana.

Selain hebat di bidang olahraga, Listyo Sigit kecil juga selalu mendapat rangking lima besar di sekolahnya. Disegi non akademis, seni beladirinya juga sampai di tingkat kompetisi provinsi .

Tentang pencalonan Komjen Listyo Sigit sebagai Kapolri, pihaknya Komjen Pol Listyo menyatakan tak ragu dengan kemampuan muridnya tersebut.

“Ya kalau dilihat dari karakternya saat SMA dulu, saya tidak ragu, Mas Listyo mampu mengemban tanggung jawab lebih besar dari posisinya saat ini,” jelas Pak Hardi. Pak Hardi berharap muridnya tersebut tetap teguh pendirian dan selalu amanah. *(Penmas pj)

Komjen Listyo Sigit Silaturahmi ke Mantan Kapolri Minta Doa Restu

0

JAKARTA— Calon Kapolri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo bersilaturahmi sekaligus meminta doa restu kepada sejumlah mantan Kapolri untuk meminta dukungan serta wejangan sebelum mengemban tugas menjadi orang nomor satu di Korps Bhayagkara. Silaturahmi ini merupakan tradisi dan bentuk penghormatan kepada pendahulu.

Sejumlah mantan Kapolri yang disambangi antara lain, Jenderal (Purn) Sutarman, Jenderal (Purn) Timur Pradopo, Jenderal (Purn) Badrodin Haiti, Jenderal (Purn) Roesman Hadi dan Jenderal (Purn) Roesdihardjo.

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menyampaikan, anjangsana ini dilakukan sebagai bentuk penghormatan generasi muda Polri terhadap pimpinan Polri yang berjasa membentuk organisasi Kepolisian.

“Sebagai anak dan bapak, Pak Sigit meminta dukungan dan wejangan sekaligus silaturahmi kepada mantan Kapolri,” kata Argo dalam keteranganya, Sabtu (16//1/2021).

Dalam pertemuan itu, para mantan Kapolri memberikan pesan agar Listyo Sigit tetap menjaga soliditas internal dengan senior maupun dengan junior. Bahwa mengemban tugas sebagai Kapolri adalah merupakan amanah dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan baik. “Juga menjaga sinergitas dengan TNI yang sudah sangat terjalin baik,” ungkap Argo.

Yang terakhir, kata Argo, pesan para senior agar Polri harus dipercaya oleh masyarakat dengan begitu dalam setiap melakukan tugasnya Polri mendapat dukungan.

Bersama Warga Satlantas Polres Jember Tambal Jalan Berlubang

0

Halodunia.net – Satlantas Polres Jember bersama warga setempat melaksanakan giat penutupan jalan berlubang yang dilaksanakan pada di jalan MH. Thamrin Kec. Ajung Jember. Sabtu (16/1) 2021 pukul 09.00 – 11.00 WIB.

Adapun Petugas yang melaksanakan adalah Kanit Dikyasa Satlantas Polres Jember IPTU Heru Siswanto, S.H dan Kanit Laka Satlantas Polres Jember IPDA Kukun Waluwi Hasanudin, S.Sos serta Anggota Satlantas Polres Jember.

Kasat Lantas Polres Jember AKP Jimmy Manurung saat dikonfirmasi menjelaskan, “Saya perintahkan anggota untuk melaksanakan penutupan jalan berlubang terbyata dapat respon warga sekitar yang ikut membantu di sepanjang Jalan MH. Thamrin, Ajung Jember,” ujar AKP Jimmy.

“Tindakan ini sebagai sebagai bentuk kepedulian dan tindak lanjut Satlantas Polres Jember untuk mencegak kejadian laka lantas karena kalau tetap dibiarkan dengan kondisi jalan maaih berlubang sangat rawan dan dapat membahayakan keselamatan pengguna Jalan, ” imbuh Kanit Dikyasa Iptu Heru. (AR/atr)

Gedung Informasi dan Teknologi SMK IBU Pakusari Diresmikan Kapolres Jember

0

Hallodunia.net – Jum’at (15/1/2021) diresmikan Gedung Informasi dan Teknologi SMK IBU Pakusari oleh Kapolres Jember AKBP Arif Rachman Arifin, S.I.K., M.H., yang bertempat di SMK IBU Kecamatan Pakusari Kabupaten Jember.

Hadir dalam kesempatan tersebut, KH Hafidi Holis selaku Pengasuh PP IBU, IPTU Ali (Kapolsek Pakusari), dan beberapa undangan yang terdiri dari Guru dan karyawan SMK IBU.

Lembaga sekolah IBU saat ini mulai berkembang dimana Anak asuh mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga SMK sebanyak 5000 orang. Ponpes IBU mengundang Kapolres Jember untuk meresmikan gedung informasi dan teknologi SMK IBU Pakusari dikarenakan saat proses pembangunannya mendapatkan bantuan dari beberapa anggota Polres Jember sehingga dalam kurun waktu 6 bulan maka gedung tersebut dapat selesai.

Kapolres Jember menyampaikan, “Terimakasih kepada KH Hafidi atas undangannya dalam hal peresmian gedung informasi dan teknologi SMK IBU Pakusari ini, dalam waktu dekat kami akan membuat program penulisan/karya jurnalis dan program membuat video pendek terkait dengan UMKM yang ada di Jember, dan berharap setelah peresmian gedung informasi dan teknologi SMK IBU Pakusari dapat memajukan Lembaga Pendidikan”. [AR/v]

 

1000 kebaikan untuk Jember

#AYOJOGOJEMBER

#JEMBERBANGKIT

Status Gunung Merapi Level III (Siaga)

0

Halodunia.net – Hari ini dikabarkan status Gunung Merapi Level III alias siaga, benarkah ? Berikut penjelasan dari para ahli..

Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) kembali melaporkan Gunung Merapi di perbatasan Sleman DIY dengan Magelang, Boyolali dan Klaten Jawa Tengah meluncurkan dua kali guguran lava pijar dengan jarak luncur 400 meter ke hulu sungai Krasak, Jumat (15/1/2021).

“Guguran lava pijar itu terjadi antara pukul 12.00 WIB-18.00 WIB,” kata petugas penyusun laporan aktivitas Gunung Merapi BPTTKG, Triyono, Jumat (15/1/2021) malam. Baca juga: Jumat Siang, Gunung Merapi Terus Bergolak 5 Kali Muntahkan Guguran Lava

Secara meteorologi, cuaca cerah, berawan, dan mendung. Angin bertiup lemah hingga sedang ke arah timur. Suhu udara 20-23 °C, kelembaban udara 62-88 %, dan tekanan udara 565-687 mmHg.

“Secara visualgunung jelas, kabut 0-I, hingga kabut 0-II. Asap kawah teramati berwarna putih dengan intensitas sedang dan tinggi 20 m di atas puncak kawah,” paparnya. Baca juga: Hari Ini Merapi Keluarkan 1 Kali Awan Panas Guguran dan 3 Kali Lava Pijar

BPTTKG juga mencatat 31 kali gempa guguran dengan amplitudo 3-60 mm, drasi : 15.8-78.4 detik. Gempa hembusan 1 kali dengan amplitudo 15 mm, durasi 34.6 detik.

Gempa hybrid atau fase banyak 25 kali dengan amplitudo 3-13 mm, S-P 0.3-0.4 detik, durasi 5.84-8.8 detik dan gempa vulkanik dangkal, sebanyak 6 kali dengan amplitudo 46-75 mm, selama 12.1-28.6 detik. Baca juga: Gempa Majene 6,2 SR Hancurkan RS Mitra Manakarra, Sejumlah Perawat dan Pasien Tertimbun

“Untuk status Gunung Merapi Level III (siaga),” ungkapnya. Sebelumnya, pada pukul 00.00-06.00 WIB juga teramati guguran lava pijarsebanyak satu kali dengan jarak luncur 400 meter ke hulu Sungai Krasak.

Diduga Bermasalah Sebelum Pesawat Sriwijaya Air Celaka

0

Halodunia.net – Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 mengalami masalah berulang (repetitif) pada sistem autothrottle sebelum celaka di atas perairan Kepulauan Seribu tepat sepekan lalu, Sabtu 9 Januari 2021. Koran Tempo menulisnya berdasarkan keterangan sumbernya yang mengetahui ada masalah tersebut dalam edisi Kamis, 14 Januari 2021.

Sistem autothrottle dituliskan memungkinkan pilot mengatur kecepatan (speed) dan dorongan (thrust) pesawat secara otomatis. Sedang masalah ditemukan repetitif atau berulang sepanjang sebulan terakhir atau tepatnya sejak Desember 2020. “Saat pesawat kembali terbang pasca-dikandangkan selama sembilan bulan,” tulis Koran Tempo.

Komite Nasional Keselamatan Transportasi atau KNKT telah menanggapi dugaan adanya masalah tersebut dengan menyatakan belum menerima datanya. Seperti biasa, komite ini akan menunggu hasil investigasi tuntas, termasuk mendengarkan isi data dalam kotak hitam, untuk bicara masalah penyebab kecelakaan. Adapun Kementerian Perhubungan dan Sriwijaya Air sama-sama menegaskan bahwa pesawat yang dimaksud laik terbang.

Dihubungi terpisah, seorang mekanik pesawat yang pernah bekerja di hanggar milik GMF, menerangkan sistem atau fungsi autothrottle itu dengan mengilustrasikannya sebagai automatic gas-nya pesawat. Sistem ini berfungsi setelah mesin sudah bekerja dan pesawat sedang dalam penerbangan (inflight).

“Jadi kalau di kendaraan kita harus injak gas-nya saat mau kencang atau melepas gas nya saat mau jalan perlahan, di pesawat kalau sudah di-ON-kan Autothrottle-nya, dia akan bergerak sendiri besaran gas-nya sesuai hitungan komputer pesawatnya,” katanya.

Menurutnya, sistem itu mungkin untuk OFF, berarti pengaturan dilakukan manual. “Repot sih karena back to basic…tapi bukannya enggak bisa.”

Keterangannya itu sesuai dengan apa yang disampaikan Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono. Dia juga menerangkan, bila sistem tersebut bermasalah, semestinya dapat diantisipasi dengan pengaturan yang manual. “Enggak masalah, tinggal pakai tangan seperti zaman dulu,” katanya, saat ditemui di Jakarta, 13 Januari 2021.

Panglima Koarmada I Laksmana Muda TNI AL Abdul Rasyid (kelima kiri) memeriksa serpihan pesawat Sriwijaya Air nomor penerbangan SJ 182 hasil operasi pencarian di perairan Kepulauan Seribu, Jakarta, Jumat 15 Januari 2021. Panglima Koarmada I Laksmana Muda TNI AL Abdul Rasyid mengatakan tim SAR masih melakukan pencarian memori dari CVR tersebut karena telah terpisah dari ‘underwater locator beacon’. ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja

Si mekanik justru memiliki perhatian berbeda pada kasus kecelakaan Sriwijaya Air SJ-182 yang berencana terbang ke Pontianak tersebut. Mengamati serpihan pesawat yang sudah ditemukan, dia tetap curiga terjadi ledakan. Kemungkinan penyebab versinya adalah problem teknis semacam bahan bakar bocor sekitar mesin.

Dia sama dengan yang lain menantikan hasil investigasi KNKT rampung, termasuk hasil bacaan data pada kotak hitam (black box) pesawat. “Kalau semua data tersebu normal, berarti ada something wrong diluar sistem pesawatnya ya,” kata dia lagi.

Adapun KNKT dalam keterangan sebelumnya menduga mesin pesawat Sriwijaya Air SJ-182 dalam kondisi hidup sebelum pesawat membentur air. Dugaan tersebut muncul berdasarkan data Radar ADS-B dari AirNav Indonesia.

FRANCISCA CHRISTY ROSANA

Sebut Banjir di Kalsel Karena Investasi Serampangan, Jokowi Diminta Cek Langsung

0

Halodunia.net – Banjir besar setinggi 3 meter yang terjadi di Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel), tengah menjadi sorotan beberapa waktu terakhir. Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) pun menyebutkan jika bencana ini disebabkan oleh izin pertambangan dan perkebunan sawit yang serampangan.

Direktur Eksekutif Walhi Kalsel, Kisworo Dwi Cahyono, menegaskan banjir besar di Kalimantan Selatan yang terjadi dalam beberapa hari terakhir bukan sekadar cuaca ekstrem, melainkan akibat rusaknya ekologi di tanah Borneo. Ia pun meminta agar Presiden Joko Widodo untuk datang langsung ke Kalsel.

“Saya mendesak Presiden Jokowi bahwa Kalimantan Selatan ini masih Indonesia, jadi tolong, jangan hanya dikuras sumber daya alamnya saja, tapi juga diperhatikan, sekarang Kalsel dalam kondisi darurat bencana ekologis, konflik agraria juga luar biasa, Pak Jokowi segera turun ke Kalsel, buktikan bahwa Kalsel masih Indonesia,” kata Kis dilansir dari Suara, Sabtu (16/1). “Kita masih cinta NKRI Negara Kesatuan Republik Indonesia, bukan Negara Kesatuan Republik Investor!”

Menurut catatan Walhi, di tahun 2020 saja sudah terdapat 814 lubang tambang milik 157 perusahaan batu bara yang masih aktif bahkan ditinggal tanpa reklamasi, belum lagi perkebunan kelapa sawit yang mengurangi daya serap tanah. “Ini menunjukkan daya tampung daya dukung lingkungan di kalsel dalam kondisi darurat ruang dan darurat bencana ekologis, sudah sering kita ingatkan, dari total luas wilayah 3,7 juta hektar hampir 50 persen sudah dibebani izin pertambangan dan perkebunan kelapa sawit,” ujarnya.

Sementara itu, Presiden Jokowi telah memerintahkan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Panglima TNI, hingga Kapolri untuk secepatnya mengirimkan bantuan kepada korban banjir di Kalsel. “Terutama yang berkaitan dengan perahu karet yang sangat dibutuhkan dalam penanganan bencana banjir di Kalimantan Selatan,” kata Jokowi melalui YouTube Sekretariat Presiden, Jumat (15/1).

Jokowi juga mengajak masyarakat untuk selalu meningkatkan kewaspadaan. Meningkatnya curah hujan yang ektrem tentunya membuat sejumlah daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor.

Jokowi juga mengaku akan terus memantau perkembangan bencana di Tanah Air, baik banjir di Kalimantan Selatan, tanah longsor di Sumedang, Jawa Barat, hingga gempa di Majene Sulawesi Barat. “Dan kita ingin baik pemerintah daerah, pemerintah pusat, selalu hadir di tengah masyarakat dalam keadaan bencana ini,” pungkasnya.

Sekitar 214 Juta Data Pribadi Pengguna Tiga Aplikasi Bocor

0

Halodunia.net Saat ini Sekitar 214 juta data pribadi pengguna Facebook, Instagram, LinkedIn dan platform lainnya dilaporkan telah terekspos di internet. Temuan ini berasal dari penelitian lembaga cybersecurity, Safety Detective, yang memeriksa lebih dari 400 GB data profil media sosial.

Menurut laporan Threat Post, ratusan data pribadi tersebut berasal dari pengguna media sosial di seluruh dunia, termasuk selebritas dan influencer. Kebocoran data tersebut berasal dari database ElasticSearch yang salah dikonfigurasi.

Peneliti di Safety Detectives menjelaskan, database ElasticSearch yang dimiliki oleh perusahaan manajemen media sosial China, SocialArks, berisi informasi identitas pribadi (personally identifiable information/PII) dari pengguna Facebook, Instagram, LinkedIn, dan platform lain.

Server SocialArks ditemukan terbuka untuk umum tanpa perlindungan kata sandi atau enkripsi selama pemeriksaan alamat IP rutin pada database ElasticSearch. Akibatnya, berpotensi tidak aman, kata para peneliti.

Kesalahan konfigurasi komputasi awan atau cloud oleh SocialArks itu mengekspos 318 juta catatan secara total. Dari jumlah itu ada data pribadi 214 juta pengguna media sosial Facebook, Instagram, LinkedIn, dan lainnya.

Server yang terpengaruh, di-hosting oleh Tencent, disegmentasi menjadi beberapa indeks untuk menyimpan data yang diperoleh dari setiap sumber media sosial, seperti Facebook dan lainnya, sehingga memungkinkan peneliti untuk melihat data lebih jauh.

“Tim peneliti kami dapat menentukan bahwa keseluruhan data yang bocor ‘diambil’ dari platform media sosial, yang tidak etis dan melanggar persyaratan layanan Facebook , Instagram, dan LinkedIn,” kata peneliti dalam blog resminya.

Lebih lanjut, data pribadi yang diambil termasuk 11.651.162 profil pengguna Instagram; 66.117.839 profil pengguna LinkedIn; 81.551.567 profil pengguna Facebook; dan 55.300.000 profil Facebook yang dihapus dalam beberapa jam setelah server terbuka ditemukan.

Data pribadi yang terekspos termasuk biografi, gambar profil, total pengikut, pengaturan lokasi, detail kontak seperti alamat email dan nomor telepon, jumlah pengikut, jumlah komentar, tagar yang sering digunakan, nama perusahaan, posisi pekerjaan, dan lainnya.

“Sebagian besar pengambilan data sama sekali tidak berbahaya dan dilakukan oleh pengembang web, business intelligence analysts, perusahaan yang memiliki reputasi baik seperti situs pemesan perjalanan, serta dilakukan untuk tujuan riset pasar online,” kata para peneliti.

“Namun, meskipun data semacam itu diperoleh secara legal, jika disimpan tanpa keamanan siber yang memadai, kebocoran besar yang mempengaruhi jutaan orang dapat terjadi. Ketika informasi pribadi termasuk nomor telepon, alamat email, dan informasi kelahiran diekstrak dan/atau dibocorkan, penjahat diberdayakan untuk melakukan tindakan keji termasuk pencurian identitas dan penipuan keuangan,” tambahnya.

Platform pengelolaan data SocialArks digunakan untuk periklanan dan pemasaran terprogram. Mereka menyebut perusahaannya sebagai agensi manajemen media sosial lintas batas yang didedikasikan untuk memecahkan masalah saat ini membangun merek, pemasaran, pengelolaan kostumer sosial di industri perdagangan luar negeri China.

Sebelumnya, SocialArks pernah mengalami pelanggaran data serupa pada Agustus tahun 2019 lalu, yang memengaruhi 66 juta pengguna LinkedIn, 11,6 juta akun Instagram, dan 81,5 juta akun Facebook, total semuanya sekitar 150 juta.

Informasi yang terpapar juga terdiri dari data yang tersedia untuk umum seperti nama lengkap, negara tempat tinggal, tempat kerja, posisi, data pelanggan dan informasi kontak, serta tautan langsung ke profil.

Raffi Ahmad Pelanggar Prokes Disidang di PN Depok

0

Halodunia.net Beberapa kabar yang diberitakan oleh media online tentang Raffi Ahmad pemain sinetron yang telah melanggar prokes setelah mengikuti suntik vaksin di hari bersamaan presiden Joko Widodo Rabu 13 Januari 2021.

Raffi Ahmad akan disidang pada Rabu (27/1) di Pengadilan Negeri (PN) Kota Depok. Tokoh publik tersebut di sidang lantaran melanggar protokol kesehatan (Prokes) seperti diatur dalam Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor: 03 Tahun 2021, tentang Peraturan Pelaksanaan Perda Nomor: 02 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Coronavirus Disease 2019 dan Undang-Undang Nomor: 06 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Raffi Ahmad disidangkan pada Rabu (27/1). Majelis hakim untuk mengadili perkara Raffi sudah disusun, ” ujar Juru bicara PN Kota Depok Nanang Herjunanto, Sabtu (16/1).

Majelis hakim yang disusun untuk mengadili perkara Raffi ada 3 orang, yaitu Eko Julianto, Divo Ardianto, dan Medica Prakasa.

Raffi disidangkan atas gugatan Advokat Publik David Tobing yang dilayangkan ke PN Kota Depok, Jumat (15/1).

Gugatan sudah kami terima dengan nomor 13/ Pdt G/ 2021/ PN Dpk,” kata Nanang.

Sebelumnya, Raffi dilaporkan David Tobing atas dugaan pelanggaran prokes covid-19. Gugatan David Tobing dilayangkan secara daring ke PN Kota Depok dengan nomor registrasi online PN DPK-012021GV1.

“Saya menuntut agar Hakim memerintahkan Raffi tidak keluar rumah selama 30 hari sejak menerima vaksinasi kedua dan menghukum Raffi membuat permohonan maaf di 7 media televisi dan 7 harian surat kabar,” kata David Tobing.

David Tobing sangat menyayangkan apa yang dilakukan Raffi sebagai influencer yang sudah diberikan kepecayaan oleh negara namun tidak dihargai. Raffi dianggap tidak memberikan contoh yang baik bagi publik.

”Sangat disayangkan seorang tokoh publik dan influencer terkemuka yang sudah diberi kepercayaan oleh negara tapi tidak menghargainya, tidak memberi contoh yang baik untuk masyarakat yang melihat gerak geriknya. Apalagi Gubernur sudah memberlakukan pengetatan protokol kesehatan sejak 11 Januari kemarin sampai 25 Januari nanti,” katanya.

David berpendapat apa yang Raffi lakukan dapat berdampak signifikan. Pasalnya Raffi punya banyak pengikut, punya banyak fans.

“Nanti dianggap habis vaksin boleh bebas tanpa protokol seenaknya. Seharusnya tindakan Raffi memberikan dampak positif bukan negatif seperti ini,” tegasnya.

Gugatan yang dikenakan kepada Raffi adalah gugatan Perbuatan Melawan Hukum (PMH), akibat dianggap melanggar aturan terkait protokol kesehatan seperti Peraturan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No 3 tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanan Peraturan Daerah Nomor 2 Tahun 2020 Tentang Penanggulangan Corona Virus Disease 2019, Peraturan Daerah Provinsi DKI Jakarta No. 2 tahun 2020 tentang Penanggulangan Corona Virus Disease 2019, dan Undang-Undang No. 6 tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

“Selain melanggar aturan, tindakan Raffi juga sudah melanggar norma Kepatutan dan prinsip kehati hatian yang membuktikan bahwa Raffi tidak melaksanakan kewajiban hukumnya sebagai tokoh publik dan influencer untuk mensosialisasilan program vaksinasi dan protokol kesehatan,” pungkasnya.

Akibat Gempa di Sulbar 35 Orang Tidak Tertolong

0

Halodunia.net Gempa di Sulbar memakan korban sebanyak 35 yang meninggal, Musibah gempa 6,2 magnitudo di Majene membuat sejumlah bangunan yang ada di sekitar dan kabupaten sebelahnya, Mamuju, Sulawesi Barat luluh lantak.

Jumlah korban meninggal akibat tertimpa reruntuhan bangunan akibat gempa bertambah.

Kepala Pelaksana BPBD Sulawesi Barat Darno Majid mengatakan jumlah korban tewas kini bertambah menjadi 35 orang.

“Untuk sementara ada 35 orang yang meninggal, 9 di Majene dan 26 di Mamuju,” ujar Darno Jumat (15/1). Darno belum merinci identitas korban tewas tersebut.

Sebelumnya para korban ini diveakuasi oleh tim SAR gabungan. Sebagian korban masih ada yang hidup namun saat dibawa ke rumah sakit, mereka meninggal.

Sebagian kondisinya luka parah. Kebanyakan luka patah tulang akibat tertimpa bangunan dampak gempa. Darno mengatakan fokus timnya saat ini adalah evakuasi korban lain di dalam reruntuhan bangunan di Majene dan Mamuju.

- Advertisement -

RECENT POSTS