Pancasila yang merupakan dasar negara dan juga ideologi bangsa tentu mengandung makna yang mendalam. Pancasila memiliki lima simbol, yakni bintang tunggal, rantai emas, pohon beringin, kepala banteng, serta padi dan kapas.

Kelima simbol ini terdapat pada tubuh burung garuda yang tak lain adalah lambang negara Indonesia karya Syarif Abdul Hamid Alkadrie atau Sultan Hamid II. Ia menggambar burung Garuda beserta kalung perisai dengan lambang Pancasila di dalamnya.

Baca Saja: Polda Jatim Mengucapkan Dirgahayu Divisi Humas Polri ke-69

Berikut ini arti lambang Pancasila yang perlu diketahui.

Bintang Tunggal

Sila Ketuhanan Yang Maha Esa disimbolkan dengan bintang tunggal berwarna emas. Bintang dengan lima sudut ini diartikan sebagai cahaya yang diberikan Tuhan kepada manusia.

Rantai Emas

Rantai Emas menjadi simbol sila kedua, yaitu Kemanusiaan yang Adil dan Beradab. Rantai emas diartikan sebagai manusia yang saling berhubungan membantu satu sama lain. Rantai ini berbentuk persegi yang menunjukkan laki-laki dan bentuk lingkarang yang menunjukkan perempuan.

Pohon Beringin

Pohon beringin merupakan lambang sila ketiga, yaitu Persatuan Indonesia. Pohon beringin memiliki akar tunjang yang panjang dan batang pohon ini tumbuh sangat di dalam tanah. Pohon beringin mencerminkan bangsa yang kokoh, tetap satu kesatuan dengan beragam budaya, agama, dan suku.

Baca Saja: Sejarah Humas Polri Hingga Hut Div Humas Polri ke 69

Kepala Banteng

Sila keempat Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan / Perwakilan disimbolkan dengan kepala banteng. Kepala banteng memiliki makna sebagai hewan yang suka berkumpul. Maka lambang ini bermakna perkumpulan atau musyawarah saat mengambil keputusan.

Padi Kapas

Sila kelima, Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia dilambangkan dengan padi dan kapas. Padi dan kapas dilambangkan sebagai pangan dan sandang yang merupakan kebutuhan pokok setiap orang tanpa melihat statusnya. Hal ini mencerminkan persamaan sosial dan tidak adanya kesenjangan sosial.

Baca Saja: Ulang Tahun Humas Polri Berhasil Ditetapkan