Komunikasi sebagai proses penyebaran informasi turut mengalami perubahan seiring dengan perkembangan teknologi yang terjadi. Instant, merupakan ciri dari sebuah era digital, dimana kecepatan menjadi segalanya dan secara bersamaan dapat memberikan kebaikan maupun resiko bagi penggunanya. Perkembangan teknologi turut mengubah cara manusia melakukan interaksi dengan satu dan lainnya, dengan meniadakan pertemuan tatap muka. Keadaan ini juga menyebabkan terjadinya perubahan dari nilai, cara berpikir, dan perilaku manusia dalam menyikapi kehidupannya, terutama di kalangan remaja. Pola Komunikasi yang terbangun antara remaja dengan orang di sekitarnya, misalnya dengan teman sebaya maupun orang tua juga mengalami perubahan dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Kembali ke fase awal perkembangan media massa sebagai salah satu bagian dari kemajuan teknologi sendiri, kita tentu tidak lupa bahwa manusia mencoba menemukan alternatif dalam berinteraksi ketika dunia sudah menjadi sangat penuh sehingga sebagian mereka mencari tempat baru untuk meneruskan hidupnya.

Berawal dengan sistem simbol atau tanda dalam berkomunikasi dan kemudian dirasakan masih tidak cukup baik dalam menyampaikan informasi yang diharapkan, manusia terus mencoba menemukan cara yang efektif, efisien, dan dapat digunakan secara massal serta berguna bagi banyak orang. Sampai pada masanya, orang menjadi terbiasa mendapatkan informasi melalui surat kabar, siaran radio, siaran televisi atau mencari informasi melalui internet. Hal inilah yang menjadi acuan bagi setiap orang yang melahirkan sebuah teknologi komunikasi sampai saat ini.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments