Sebuah Arsip Berita pelatihan cyber troop yang dilaksanakan oleh Polres Sanggau dan jajaran melaksanakan pelatihan Cyber Troops pada tanggal 29 Januari 2018 sampai 01 Februari 2018 bertempat di Aula Sementara Polres Sanggau. Kegiatan .pelatihan tersebut dihadiri sekitar 70 peserta yang berasal dari kewilayahan dan diberikan materi langsung oleh Muh. Khoirul Amin, seorang ahli Teknik Informatika di Surabaya. Pelatihan ini dilaksanakan atas perintah Kapolres Sanggau, AKBP. Rachmad Kurniawan, S.H, S.IK, M.M yang tujuannya adalah agar anggota Polres Sanggau memiliki kemampuan untuk melihat perkembangan situasi di masyarakat melalui internet. Selain itu, melihat banyaknya ujaran kebencian yang berkembang melalui media sosial saat ini, maka Kapolres Sanggau memandang penting untuk dibentuknya suatu pasukan yang bisa memonitor hal tersebut.

            Dengan dibentuknya pasukan Cyber, Kapolres Sanggau mengharapkan Pilkada 2018 khususnya di Kabupaten Sanggau dapat terlaksana dengan aman. Anggota yang melaksanakan pelatihan dituntut mampu melihat perkembangan terkait Pilkada dan apabila ada oknum yang menyebar hoax untuk memanaskan suasana, adalah tugas pasukan Cyber untuk memonitor dan melaporkan hal tersebut kepada pimpinan untuk segera ditindak lanjuti.

            Pelatihan seperti ini belum banyak dilaksanakan di Instansi Kepolisian. Untuk Polda Kalimantan Barat sendiri, Polres Sanggau adalah yang pertama kali melaksanakan kegiatan pelatihan tersebut. Dengan dilaksanakannya kegiatan pelatihan Cyber Troops di Polres Sanggau, diharapkan dapat ditiru dan dilaksanakan Polres lain di wilayah hukum Polda Kalimantan Barat khususnya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments