Kapolda Jatim Irjen Pol Mohammad Fadil Imran mengaku telah membagikan obat herbal dari China selama penanganan Pandemi Virus Corona atau Covid-19 di Jawa Timur.

Ia mengklaim, obat herbal tersebut manjur jika dikonsumsi pasien Covid-19 dalam kondisi ringan dan sedang.

“Polda dan Kodam itu membagikan obat herbal, disamping obat medis dari teman-teman RS Lapangan dan rujukan. Kami juga membagikan obat herbal kepada masyarakat yang masuk dalam kategori ringan dan sedang,” Irjen Pol Fadil, Selasa (21/7/2020) malam.

Menurutnya, obat yang dipercaya bisa menguatkan imun tubuh itu bernama Lianhua Qingwen Jiaonang. Herbal Lianhua Qingwen Jiaonang disebut Fadil sudah dibagi-bagikan sejak beberapa pekan lalu.

Ia mengatakan, pemberian obat herbal asal China itu merupakan inisiatif dirinya sendiri. Setelah dikonsumsi, ternyata pasien Covid-19 kategori ringan dan sedang menurutnya bisa sembuh.

“Itu inisiatif dari saya, berdasarkan praktek-praktek pengobatan yang sudah dilakukan di beberapa tempat, termasuk di Wuhan sana, termasuk di Jakarta,” terangnya.

Disebutkannya, para Babinsa dan Bhabinkamtibmas berperan penting dalam penyaluran obat itu ke masyarakat. Mereka memberikan obat herbal tersebut untuk pertolongan pertama.

“Babinsa dan Bhabinkamtibmas, cepat dia monitor, begitu ada yang batuk-batuk langsung datang. Dia rapid, begitu reaktif, dia swab, di kasih obat ini,” lanjutnya.

“Ada anggota-anggota yang minum obat ini tanpa dia harus ke rumah sakit, kemudian dia bisa sembuh,” imbuhnya.

Dijelaskannya, obat asal China itu bukan bagian dari penanganan penyakit Covid-19 secara medis. Obat itu disebut hanya memperkuat imunitas masyarakat yang terpapar Corona.

“Ini adalah cara kita untuk memperkuat imunitas dengan memberikan obat herbal seperti ini. Dari praktek penyembuhan yang menghasilkan hal positif, kita pakai,” tandasnya.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments