Isu manfaat air alkali ‘Kangen Water’ sedang hangat diperbincangan di media sosial. Pasalnya, air tersebut diklaim bisa memberikan manfaat kesehatan yang lebih dibandingkan dengan air biasa.

Kepada detikHealth, Rabu (23/11/2017), Leona Victoria Djajadi, Master of Nutrition and Dietetics, menjelaskan bahwa air alkali atau air yang bersifat basa tidak mempunyai kelebihan khusus jika disandingkan dengan air putih biasa.

“Hoax kali ya bahwa alkali water punya kelebihan khusus dibandingkan air biasa,” ujarnya melalui pesan singkat.

Menurut keterangan dari wanita yang bersekolah di program nutrisi University of Sydney ini, meskipun bersifat basa/alkali, saat masuk ke lambung dan bercampur dengan asam lambung yang pH nya di bawah 2, tidak mungkin pH air tersebut masih bersifat basa.Victoria beranggapan, yang membuat air alkali terkesan menyehatkan adalah karena kebiasaan orang yang mendadak jadi doyan minum. Apalagi, ditambah dengan anggapan-anggapan yang muncul di tengah masyarakat bahwa air yang bersifat basa punya manfaat lebih seperti detoksifikasi.

“Yang terjadi adalah saat orang membeli alkali water, mereka jadi minum air lebih banyak sehingga cukup hidrasi (yang biasanya mungkin kurang). Efek cukup hidrasi ini bisa dicapai dengan air biasa,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here