Muhammad Taqi Usmani, Tokoh Muslim Paling Berpengaruh di Dunia

0
29

Nama Sheikh Muhammad Taqi Usmani masuk dalam daftar 500 muslim paling berpengaruh tahun 2020 dan menempati posisi pertama, berdasarkan hasil pengamatan The Royal Islamic Strategic Studies Center.

Sosok pengajar sekaligus penulis kelahiran Deobandi, India, 5 Oktober 1943 ini, merupakan seorang pemimpin di sekolah yang mengajarkan hadis, yurisprudensi, dan keuangan secara Islami. Dalam hal keuangan syariah, ia merupakan seorang ahli yang dipercaya menjadi ketua dari belasan bank syariah dan institusi keuangan. Saat ini, Usmani juga memimpin sebuah lembaga internasional bernama Accounting and Auditing Organization for Islamic Financial Institution (AAOIFI) di Bahrain.

Sebagai seorang pengajar, ia tercatat memiliki 10.000 siswa di Darul ‘Uloom Karachi, di Pakistan. Tak hanya di Pakistan, murid-murid Usmani juga tersebar di India, Asia Tengah, dan sebagian di negara-negara barat. Hingga usianya yang tahun ini menginjak angka 76 tahun, Usmani telah menulis 143 judul buku dalam bahasa Arab, Inggris, dan Urdu. Masih dalam bidang tulis-menulis, Usmani sudah menerjemahkan Al-Quran ke dalam bahasa Inggris dan Urdu. Chief Editor dari Majalah Albalagh ini juga menulis 6 volume hadis Sahih Muslim dalam bahasa Arab.

Di tanah kelahirannya, sosok Usmani dikenal sebagai tokoh gerakan Islam yang sangat terkemuka. Pandangan dan perkataannya dijadikan sebagai acuan oleh para kaum terdidik di sana. Hari ini, Deobandis lebih dikenal sebagai paham ajaran Islam bernama Hanafi Sunni. Diperkirakan, lebih dari 65 persen madrasah di Pakistan berdiri atas dasar ini, demikian pula dengan 600-an masjid di Inggris. Putra dari Mufti Muhammad Shafi ini sekarang tengah menyusun ensiklopedia hadis yang akan memudahkan umat mencari hadis dari berbagai versi untuk mengaitkannya dengan ayat-ayat Al-Quran. Ensiklopedia ini nantinya akan terdiri dari 300 volume. Dalam daftar 500 muslim paling berpengaruh di dunia tahun 2020 ini, ada tiga nama dari Indonesia yang menempati deretan urutan 50 besar. Mereka adalah Presiden Indonesia Joko Widodo (urutan 13), Said Aqil Siradj, dan Habib Luthfi bin Yahya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here