Halodunia.net – Hantu Anja-anja memang tidak terkenal, namun di dataran tanah Jawa saya kira hantu ini masih menjadi momok menakutkan bagi masyarakat khususnya para pengantin baru karena menurut mitos di Jawa hantu ini sering mengganggu para pengantin baru bahkan tidak segan-segan membunuh salah satu mempelai.

Anja-anja sendiri hingga saat ini belum diketahui jenis hantu seperti apa karena selain sosoknya yang masih misterius, mahluk ini juga sulit dideteksi lantaran sering beraksi secara cepat kilat dan di waktu lengah manusia.

Dalam mitosnya, Anja-anja sering menghisap darah pengantin. Konon korbannya mati dengan tubuh membiru karena darahnya habis terhisap, korban dihisap darahnya sesudah malam pertama. Masyarakat Jawa masih mempercayai keberadaan makhluk halus ini.

Ilustrasi kulit lebam, dok: shutterstock

Anja-anja memang hingga saat ini masih diyakini kehadirannya, oleh karena itu para pengantin baru selalu diperingatkan agar selalu waspada karena memang target favorit hantu ini ialah para pengantin.

Tidak diketahui motif utama kenapa hantu ini begitu menginginkan darah para pengantin baru, namun banyak yang menilai bahwa sejarah anja-anja dulunya juga “mahluk” pengantin yang gagal mendapatkan keharmonisan atau kebahagiaan dari hubungan itu.

Sehingga anja-anja sangat membenci kebahagiaan yang tercipta dari hasil pernikahan manusia.

Ilustrasi kebencian, dok: pixabay

Jika dilihat dari praktiknya mengganggu manusia hingga tidak segan untuk membunuh, menurut Mbah Dukun anja-anja merupakan termasuk jenis siluman yang memanfaatkan ketakutan manusia sebagai sumber kekuatannya sehingga terciptalah sosok anja-anja ini.

Seperti kisah Nyi Blorong yang tercipta dari ketakutan masyarakat akan ratu ular yang sering membunuh para kaum lelaki, anja-anja juga bisa saja memiliki sejarah yang hampir sama.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments