Halodunia.net – Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto kembali menjadi perbincangan hangat di media sosial Twitter, Selasa (29/9/2020).

Hal itu lantaran ketidakhadirannya dalam program Mata Najwa yang dipandu Najwa Shihab pada Senin (28/9/2020) malam.

Hingga Selasa (29/9/2020) siang, kata ” Terawan” memuncaki daftar trending topic di Twitter dengan setidaknya lebih dari 95.000 cuitan.

Dalam program Mata Najwa, Najwa Shihab mengatakan jika beberapa kali sudah mencoba mengundang Terawan untuk hadir di acara yang ia bawakan.

Sayangnya, Terawan selalu saja absen dari undangan tersebut. Undangan itu sudah ia sampaikan jauh sebelum dibuatnya video “Mata Najwa” edisi “Menanti Terawan” di media sosial.

Najwa mengatakan, undangan yang ia sampaikan tidak selalu direspons oleh pihak Menkes. Sekalinya dijawab, pihak Menkes mengaku tidak bisa hadir dengan alasan padatnya jadwal.

Bukan hanya di program milik Najwa Shihab, mantan jenderal bintang dua itu diketahui juga selama ini jarang terlihat di hadapan publik dalam kaitannyamenanggapi pandemi Covid-19.

Rincian harta kekayaan Menkes Terawan

Sebagai pejabat publik, Terawan wajib melaporkan harta kekayaannya setelah ditunjuk sebagai Menteri Kesehatan RI oleh Presiden Joko Widodo.

Berikut detail laporan harta kekayaan Menkes Terawan dikutip dari laman elhkpn.kpk.go.id, Rabu (30/9/2020).

Mantan Kepala RSPAD Gatot Subroto yang melaporkan harta kekayaannya pada 17 Maret 2020 ini, memiliki jumlah harta yang cukup besar.

Tercatat, Terawan memiliki harta kekayaan sebanyak Rp 90.605.946.595.

Dengan rincian sebagai berikut:

Terawan memiliki total 15 tanah dan bangunan dengan ukuran yang bervariasi yang terletak di Bogor dan Jakarta.

Dari total 15 asetnya itu, memiliki nilai total mencapai Rp 14.299.880.000.

Selain itu, harta kekayaan Terawan juga berupa alat transportasi dan mesin senilai Rp 3.832.000.000.

Ini terdiri dari 4 mobil seperti Honda CRV, Lexus RX200T, Alphard G, dan Alphard 3.5 Q.

Kemudian, 3 sepeda motor dengan masing-masing bermerek Honda Beat, Honda CBR dan Kawasaki ZR800B.

Dari LHKPN terbaru, harta kekayaan Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto paling besar berupa kas dan setara kas senilai Rp 72.474.068.595.

Ia tercatat tidak memiliki harta bergerak lainnya, surat berharga, harta lainnya dan hutang.

Jumlah harta kekayaan Menteri Kesehatan itu meningkat signifikan dibandingkan LHKPN tahun 2018 yang hanya Rp 78.265.817.834 atau bertambah sekitar Rp 12 miliar dalam setahun.

Ketika itu, Terawan masih menjabat sebagai kepala RSPAD Gatot Subroto.

Ke mana “perginya” Menkes Terawan?

Saat dikonfirmasi terkait keberadaan Menkes Terawan, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Masyarakat Kemenkes RI Widyawati memastikan kondisi dan keadaan Menkes Terawan dalam kondisi yang sehat.

“Pak MK (Menteri Kesehatan, Terawan) Alhamdulillah sehat,” kata Widyawati saat dihubungi Kompas.com, Selasa (29/9/2020) siang.

Perlu beberapa jam kemudian bagi Kompas.com menunggu jawaban dari pertanyaan mengapa Terawan jarang dan bahkan tidak pernah tampil di hadapan publik.

Widyawati menyebut, Terawan memang belakangan ini disibukkan dengan berbagai agenda kegiatan di lapangan.

Namun, Widyawati enggan membeberkan lebih jauh terkait kunjungan yang dilakukan Terawan hingga jarang tampilnya ke publik dipertanyakan banyak pihak.

Tak hanya itu, Widyawati juga menyampaikan bahwa pada waktunya nanti, Terawan pasti akan menjelaskan semua kepada publik.

“Bapak (Terawan) sedang banyak jadwal ke lapangan. Ada waktunya Bapak akan menjelaskan semua,” katanya lagi.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (Dirjen P2P) Kemenkes Achmad Yurianto mengatakan, kendati tidak mengetahui persis terkait keberadaan Menteri Terawan, namun dirinya masih kerap bertatap muka dengan yang bersangkutan saat rapat.

“Kok tanya saya? Saya tiap hari masih rapat sama Menteri (Terawan),” kata Yuri, Selasa (29/9/2020).

Sementara itu, saat disinggung terkait keberadaan Menteri Terawan yang jarang tampil di hadapan publik, Yuri tidak mengetahui.

“Enggak tahu,” katanya menutup pembicaraan.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoInfografik: Profil Menteri, dokter Terawan Menteri Kesehatan

Penulis: Dandy Bayu BramastaEditor: Rizal Setyo Nugroho

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments