•  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Semua orang yang memiliki komputer atau hanya sekedar tahu akan komputer pasti mengenal yang namanya Processor. Tapi apakah mereka tahu seperti apa Processor itu?

Ya, Processor adalah hardware atau perangkat keras komputer baik PC Desktop atau Laptop yang sangat penting, karena bertugas sebagai pengolah/pemproses aktivitas pada komputer. Nama lain dari Processor yaitu CPU (Central Processing Unit), kadang kita sering menyebut CPU untuk komponen-komponen komputer yang terpasang pada casing komputer, tapi sebenarnya penyebutan CPU merujuk pada Processor.

Bisanya kita mengenal Processor sebagai otaknya komputer. Di sebut sebagai “otaknya komputer” karena tugas/fungsi dari Processor tersebut untuk mengolah data/perintah yang diberikan pada komputer, contoh seperti mengetik sebuah huruf, bermain game dan semua yang berhubungan dengan pengolahan/proses.
Sebagai contoh, saat seorang brainware mengetik huruf R di keyboard, maka Processor akan mengolah perintah tersebut menjadi perintah untuk menampilkan huruf R di desktop.

Ataupun saat convert/merubah format file ke format yang lainnya, scan, nah proses seperti itu memutuhkan kinerja processor.

Processor sangat berpengaruh pada kecepatan komputer, semakin cepat kemampuan Processor dalam memproses perintah maka semakin cepat kinerja komputer dalam melakukannya. Namun procesor pun membutuhkan perangkat dukungan lainnya seperti Motherboard, RAM, Harddisk, GPU (VGA). Processor tidak memiliki ukuran penyimpanan, tapi Processor hanya memiliki ukuran kecepatan proses yang disebut clock speed dengan satuan Hz (sekarang MHz dan GHz). Sedangkan untuk type/jenis Processor, kita mengenalnya dengan Core, diantaranya Single-Core, Dual-Core, Quad-Core, Hexa-Core dan sekarang sudah ada yang sampai Okta-Core.
Lalu apa itu pengertian dari Core pada Processor?

Core merupakan inti dari Processor atau bisa disebut pusat pengolahan pada Processor. Jadi jika Processor dengan type/jenis Single-Core artinya otak/inti Perocessor yang ada pada processor itu hanya satu.
Dual-Core artinya pada satu Processor memiliki 2 inti/otak Processor atau pusat pengolahan.
Quad-Core artinya pada satu Processor memiliki 4 inti/otak Processor atau pusat pengolahan. Hexa-Core dan Okta-Core juga sama, untuk Hexa memiliki 6 sedankan untuk Okta miliki 8.
Sehingga bisa diartikan jika semakin banyak core pada Processor, maka pengolah tugas akan dipecah kepada tiap-tiap core sebanyak jumlah core yang ada pada Processor sehingga pengolahan akan semakin cepat.
Penjelasan singkatnya seperti bekerja, jika ada suatu tugas yang harus dikerjakan, maka yang akan lebih cepat mengerjakan tugas itu pasti yang “mengerjakannya” banyak/berkelompok dibandingkan yang “mengerjakannya” sendiri. Nah penjelasan itu sama seperti Core pada Processor.

Ada juga istilah Thread pada Processor.
Thread bisa disebut pembantu Processor dalam mengolah data. Jika Core diibaratkan sebuah tubuh, maka Thread bisa diibaratkan organ pada tubuh tersebut, seperti tangan dan kaki yang membantu dalam tubuh beraktivitas. Thread membantu dalam membuka aplikasi atau program.

Untuk developer Processor yang paling populer dan banyak digunakan di dunia ini ada 2:

  1. Intel (Pentium, Core-i, Xeon, dll)
  2. AMD (Bulldozer FX, Athlon, APU-A, dll)

Untuk developer Processor mobile/smartphone antara lain:

  1. Qualcomm (Produk terkenal Snapdragon)
  2. NVidia (Produk terkenal Tegra)
  3. Intel (Produk terkenal Intel Atom)
  4. ARM (Produk terkenal Cortex A)
  5. Mediatek
  6. Apple (Produk terkenal Apple A5X)

Mungkin cukup disini untuk mengenal tentang Processor, untuk bagian-bagian Processor, cara kerja, dan yang lainnya bisa search di internet.


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •