Saat seluruh negeri dilanda pandemi virus corona, orang menyadari pentingnya gaya hidup sehat dan kekebalan tubuh yang lebih kuat. Sebagian besar profesional bekerja dari rumah.

Kondisi tersebut yang memberikan kesempatan memasak yang lebih sehat dan meningkatkan kebiasaan makan Anda dengan makanan bergizi. Anda perlu memperbaiki kebiasaan makan dan mendapatkan pengetahuan tentang makan yang lebih baik.

Berikut ini adalah makanan yang bisa menyehatkan jantung, juga baik untuk program diet Anda seperti dilansir di laman Financial Express, Rabu (30/9).

1. Ikan berlemak

Ambil dosis omega-3 Anda dalam bentuk ikan berlemak seperti makerel, sarden, dan salmon, karena ini adalah sumber mineral bio terbaik yang tersedia. Menurut American Heart Association (AHA), mengonsumsi ikan dua kali sepekan baik untuk kesehatan jantung.

2. Delima

Konsumsi buah delima membantu meningkatkan kadar HDL dan mengurangi oksidasi lipip karena adanya antioksidan punicalagin dalam buah delima. Selain itu, ia memiliki tiga kali aksi antioksidan dari teh hijau dan anggur merah.

3. Buah beri kaya antioksidan

Buah beri kaya antioksidan seperti buah beri hitam, merah muda, biru tua, dan merah dapat menawarkan banyak vitamin dan mineral penting. Beberapa buah beri tersebut adalah stroberi, ceri, jamun, anggur merah, blackberry dan lainnya.

4. Bit dan sayuran berdaun hijau tua

Mereka mengandung nutrisi penting seperti serat, vitamin K, vitamin B seperti folat dan nitrat yang penting untuk pencegahan penyakit jantung. Contoh sayuran tersebut termasuk bayam, bathua, daun bayam, fenugreek, sawi, dan collard green. Selain itu, bit juga membantu mengoksidasi tubuh karena memiliki kadar nitrat yang tinggi, antioksidan, dan mineral alami lainnya.

5. Kacang dan biji Kacang

Kacang-kacangan seperti almond, walnut, hazelnut, water chestnut, dan lainnya adalah sahabat jantung. Selain itu, biji-bijian seperti biji alfa-alfa, biji rami, dan biji selasih menawarkan asam amino arginin dan zat gizi mikro membantu dalam mengurangi tekanan darah dan menjaga kolesterol tetap terkendali.

6. Biji-bijian dan millet utuh

Fitonutrien yang dapat diperoleh dari biji-bijian seperti tepung terigu, oat, dalia dan millet seperti ragi, bajra, jowar, menyuplai serat, vitamin B, stanol untuk tubuh yang diketahui memiliki efek yang sangat positif untuk menurunkan kadar kolesterol.

7. Bawang putih, kayu manis, dan kunyit

Makan bawang putih mentah memberikan antioksidan allicin yang dikenal dapat mengontrol tekanan darah dengan lebih baik. Sedikit kayu manis dan kemangi untuk teh hijau atau teh herbal Anda bersama dengan kurkumin dalam kunyit bertindak sebagai antiinflamasi. Anda dapat memasukkannya ke dalam masakan makanan atau bahkan menambahkannya ke dalam susu Anda.