merangkum 5 film horror terbaik sepanjang masa, berdasarkan rating di IMDb dan Rotten Tomatoes, berikut daftarnya:

1. The Exorcist (1973)

Film ini diangkat dari novel dan kejadian nyata. Regan Macneil adalah seorang gadis berumur 12 tahun yang secara tiba-tiba mengalami gejala aneh. Ibunya, Chris Macneil menduga bahwa itu hanya efek trauma dari perceraian yang terjadi antara Chris dan suaminya.

Seiring berjalannya waktu, perilaku Regan semakin aneh dan menjadi-jadi.Wajah Regan berubah menjadi pucat dan seringkali suaranya berubah menjadi suara laki-laki yang menyeramkan.

Sinopsis Film Tae Guk Gi: The Brotherhood of War

Sinopsis The Divergent Series: Allegiant, Terungkapnya Kehidupan di Balik Tembok

Chris membawa anaknya ke dokter, namun berujung pada jalan buntu. Chris kemudian meminta bantuan kepada gereja dan memanggil Pastor Karras serta Pastor Merin yang lebih senior.

The Exorcist.

Dari sana terungkap bahwa Regan telah dirasuki oleh iblis. Apakah Pastor Karras dan Pastor Merrin dapat mengeluarkan iblis yang ada dalam diri Regan?

Rating IMDb: 8/10

Rating Rotten Tomatoes: 83% (Fresh)

2. The Conjuring (2013)

Berlatar belakang tahun 1971, film ini menceritakan Carolyn dan Roger Perron berserta 5 orang putri mereka yang pindah ke sebuah rumah tua di kota Harrisville. Hari pertama mereka pindah ke rumah tersbut, semuanya berjalan dengan lancar dan tidak ada hal-hal yang aneh terjadi.

Namun, pada hari kedua terjadi hal yang mencurigakan. Carolyn tiba-tiba memiliki memar misterius setelah bangun tidur. Tak hanya itu, njing mereka, Sadie mati tergeletak di luar rumah.

Peristiwa aneh memuncak saat suatu malam, Carolyn terkunci di ruang bawah tanah di rumah itu. Sesosok makhluk gaib yang menyerupai wanita tua menyerang salah satu putrinya.

Akhirnya Carolyn memutuskan untuk menghubungi investigator paranormal yang bernama Ed dan Lorraine Warren untuk menyelidiki rumah tersebut. Mereka menyarankan Carolyn untuk melakukan ritual pengusir setan di rumah tersebut. Sayangnya, ritual tersebut tidak bisa dilakukan jika tidak mendapatkan izin dari gereja Katolik.

The Conjuring. 

Ed dan Lorraine mendapati sejarah rumah tersebut adalah rumah yang dulunya dimiliki oleh seorang penyihir bernama Batsheba yang mengorbankan anaknya kepada setan, lalu bunuh diri dan mengutuk orang yang mencoba mengambil tanah miliknya.

Ed dan Lorraine juga menemukan bahwa sudah banyak laporan kasus, baik pembunuhan atau bunuh diri di sekitar rumah Carolyn yang juga dibangun di atas tanah milik Batsheba.

Malapetaka juga dialami Ed dan Lorraine yang berdampak pada anak mereka. Bagaimanakah cara Carolyn, Perron, Ed, serta Lorraine menyelesaikan gangguan dari setan tersebut?

Rating IMDb: 7.5/10

Rating Rotten Tomatoes: 86% (Fresh)

3. IT (2017)

Cerita diawali dari seorang remaja yang bernama Bill Denbrough memberikan perahu kertas kepada Georgie, adiknya yang berusia tujuh tahun. Georgie bermain perahu tersebut di bawah hujan deras di sepanjang jalan kota kecil bernama Derry.

Tak sengaja, perahu tersebut jatuh terbawa arus air ke sebuah selokan. Saat dia mencoba mengambilnya, muncul seorang badut sedang memegang perahu kertas milik Georgie di dalam selokan tersebut dan memperkenalkan dirinya dengan nama Pennywise.

Pennywise lalu membujuk Georgie untuk mendekat, akhirnya Pennywise menggigit lengan Georgie hingga putus dan menyeretnya ke dalam selokan tersebut.

Musim panas berikutnya, Bill yang masih percaya bahwa adiknya masih hidup, berusaha menyelidikinya bersama dengan tiga orang temannya, Richie Tozier, Eddie Kaspbrak, dan Stan Uris.

IT. 

Mereka juga memiliki musuh di sekitar mereka yaitu Henry Bowers dan gengnya. Permusuhan geng Billy dan geng Henry membuat Billy menemukan teman-teman baru yang juga merasa dikucilkan, yakni ada Ben Hanscom, Beverly Marsh, dan Mike Hanlon, dan gang mereka dinamai “The Losers Club”.

Dalam suatu perkelahian antara “The Losers Club” dengan geng Henry di tanah tandus yang disebut Barrens. Salah satu anggota kelompok Henry bernama Patrick Hockstetter diculik dan dibunuh oleh Pennywise.

Setelah kejadian pembunuhan Patrick tersebut, setiap anggota “The Losers Club” mengalami kejadian yang mengerikan dari trauma mereka masing-masing.

Akhirnya mereka menyadari bahwa mereka semua diserang oleh musuh yang sama, yaitu Pennywise yang dapat mengubah penampilannya menjadi trauma yang mereka miliki. Apakah “The Losers Club” dapat mengalahkan “Pennywise si Badut”?

Rating IMDb: 7.3/10

Rating Rotten Tomatoes: 86% (Fresh)

4. Us (2019)

Film ini menceritakan tentang sepasang suami istri bernama Adelaide dan Gabe Wilson yang membawa anak-anaknya berlibur ke sebuah rumah di pesisir pantai unuk pergi berlibur. Mereka juga pergi dengan mengajak teman mereka, Tyler beserta istrinya dan kedua anaknya.

Awalnya semuanya baik-baik saja, tapi berbeda saat hari beranjak malam. Ketenangan mereka berubah menjadi ketegangan dan kekacauan. Tiba-tiba ada pengunjung tak diundang datang ke rumah yang didiami keluarga Wilson. Anehnya, pengunjung ini berjumlah sama dengan jumlah anggota keluarga Wilson. Tidak hanya itu, sekelompok orang ini memiliki wajah yang sama persis dengan masing-masing anggota keluarga Wilson.

Us 

Setiap orang yang ada di kota tersebut juga diteror dengan hal yang sama, yaitu sekelompok orang yang secara fisik sama persis dengan mereka. Sekelompok tamu tak diundang ini membunuh setiap orang-orang yang ada di pantai dan di kota tersebut hingga menimbulkan kekacauan di kota tersebut.

Keluarga Wilson yang mencoba untuk melarikan diri terus dikejar oleh ‘kembaran’ mereka masing-masing yang mencoba untuk membunuh mereka.

Apakah keluarga Wilson dapat selamat dari terror orang-orang ini? Dan siapakah sebenarnya orang-orang ini?

Rating IMDb: 6.9/10

Rating Rotten Tomatoes: 93% (Fresh)

5. Midsommar (2019)

Dani Andor adalah seorang wanita yang depresi akibat adiknya yang bunuh diri sambil membunuh kedua orangtuanya. Kejadian ini memperburuk hubungan Dani dengan kekasihnya, Christian Hughes. Sedangkan di sisi Christian, ia sudah lama ingin putus dengan Dani, namun mempertahankan hubungannya karena merasa bertanggung jawab untuk mengurus Dani.

Musim panas tiba, Christian tidak memberitau bahwa ia diundang oleh temannya Pelle untuk pergi ke perayaan midsommar atau perayaan pertengahan musim panas di Swedia. Perayaan tersebut juga diadakan hanya sekali setiap 90 tahun.

Midsommar. 

Setelah terbang ke swedia, mereka terbang ke Harga, satu daerah di mana perayaan tersebut diadakan. Namun keanehan mulai dirasakan oleh Dani, Christian dan teman-temannya, saat perayaan dan ritual-ritual dimulai. Dani melihat bahwa orang-orang di sana seperti sebuah sekte atau penganut hal-hal yang aneh.

Bagaimanakah nasib Dani beserta teman-temannya? Apakah mereka berhasil keluar dari Midsommar?