Selain masker dan hand sanitizer, kini suplemen juga naik daun. Tak sedikit yang mengonsumsi multivitamin dan immune booster setiap hari. Diharapkan, imunitas kuat dan penyakit pun enggan bersarang.

menurut dr Gordon Jaya Pranata, belum ada riset yang membuktikan bahwa ada produk multivitamin spesifik yang mampu meningkatkan imunitas. ”Sistem imun kita kompleks dan tidak cuma dipengaruhi asupan suplemen,” ungkapnya.

Dokter RSIA Kendangsari MERR itu menjelaskan, secara prinsip, tubuh tidak memproduksi vitamin. Karena itulah, suplai zat tersebut penting. ”Vitamin membantu metabolisme dan mendukung sistem imun bekerja baik. Tapi, kebutuhannya amat kecil, mikro,” kata Gordon.

Dia menuturkan, kebutuhan itu bisa dipenuhi lewat konsumsi sayur dan buah. Suplemen pun bersifat opsional. Gordon mencontohkan, kebutuhan vitamin C per hari mencapai 65–90 mg. Jumlah tersebut bisa dipenuhi dengan konsumsi dua buah jeruk. Atau di-cover dengan konsumsi sumber vitamin C lain seperti brokoli, sayuran berdaun hijau, dan tomat. Angka kebutuhan harian itu jauh lebih rendah daripada suplemen vitamin C –yang biasa mengandung 500 hingga 1.000 mg. ”Kalau mau mengonsumsi suplemen tadi, boleh. Tapi, jangan tiap hari,” tuturnya.

Alumnus Universitas Hang Tuah, Surabaya, tersebut mengungkapkan bahwa suplemen idealnya dikonsumsi ketika kebutuhan harian tidak terpenuhi. Atau, tubuh kurang fit karena gejala sakit atau kelelahan akibat padatnya aktivitas. ”Vitamin C bisa mengurangi gejala dan durasi infeksi saluran pernapasan akut (ISPA),” terang Gordon.

Dia menyatakan, suplemen berfungsi menyeimbangkan kebutuhan gizi. Gordon menambahkan, selain lewat pola makan, kekebalan tubuh juga wajib didukung aktivitas fisik yang cukup. Olahraga ringan hingga sedang membuat metabolisme tubuh bekerja lebih baik.

Hormon endorfin, yang memicu perasaan positif dan mengurangi rasa sakit, naik. Peredaran darah juga lancar. Imunitas lebih kuat dan tubuh pun terasa nyaman.

Dokter yang juga menjabat kepala IGD RSIA Kendangsari MERR itu menegaskan, konsumsi suplemen bukan jalan pintas. ”Jangan karena malas makan sayur dan buah, malas olahraga, lalu konsumsi suplemen biar sistem imun kuat,” tegas Gordon. Sebab, kuatnya imunitas didukung gaya hidup yang baik.