Ketua Tim Penggerak PKK kota Tanjungpinang, Handayani Ariza Saat Sosialisasikan Tentang Pemeriksaan IVA Dan Sadanis

0
723

Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkesdalduk KB) Kota Tanjungpinang laksanakan kegiatan deteksi dini kanker serviks dan payudara dengan metode IVA dan sadanis di Posyandu Hang Tuah Mandiri, Kelurahan Pinang Kencana, Selasa (27/3/2018).

Ketua TP PKK Kota Tanjungpinang, Handayani Ariza dalam kesempatan ini mengimbau kepada para wanita agar melakukan pemeriksaan IVA secara rutin, terutama bagi wanita yang sudah menikah.

“Pemeriksaan IVA adalah pemeriksaan skrining kanker serviks dengan inspeksi visual bagian serviks. Paling tidak, wajib dilakukan setahun sekali. Jika memang terasa ada gejala, atau hasil tes muncul terdeteksi, maka harus segera dirujuk ke rumah sakit sesuai kebutuhan pasien dan dilakukan tindakan,” kata Handayani dalam sambutannya.

Deteksi dini kanker leher rahim dilaksanakan dengan metode Inspeksi Visual dengan Asam Asetat (IVA) dan tindak lanjut dini dengan krioterapi jika ditemukan IVA positif. Sedangkan deteksi dini kanker payudara dengan metode pemeriksaan payudara secara klinis (SADANIS).

“Tentunya dengan deteksi dini kanker serviks dan payudara ini setidaknya dapat mengurangi jumlah penderita kanker. Seluruh unsur PKK harus berperan aktif, dapat dilakukan dengan cara selalu giat untuk memberikan pengetahuan dan informasi mengenai bahaya dari kanker. Sehingga semua orang paham apa yang harus dilakukan dan kemana harus pergi jika terdeteksi menderita kanker yang bisa menyerang kaum perempuan,” tutur istri PJ Wali Kota Tanjungpinang tersebut.

Sementara itu, Kepala Dinkesdalduk KB Kota Tanjungpinang, Rustam menyampaikan deteksi dini kanker serviks dan payudara ini sangat penting untuk kaum perempuan.

“Salah satu program kesehatan untuk kaum perempuan adalah pencegahan kanker payudara dan kanker leher rahim. Penderita di Kota Tanjungpinang cukup banyak dan baru diketahui kebanyakan dari penderitanya sudah stadium lanjut. Untuk itulah kegiatan ini dilaksanakan secara berkelanjutan,” terang Rustam.

Untuk kasus kanker serviks stadium lanjut akan dilakukan pengobatan dengan cara kemoterapi serta radioterapi. Namun jika sudah terdeteksi cukup parah, langkah yang harus dilakukan tindakan dengan mengangkat rahim (histerektomi) secara menyeluruh agar kanker tidak berkembang.

“Untuk di Kota Tanjungpinang masih banyak kaum perempuan yang belum melaksanakan pemeriksaan IVA, baru 11persen kaum perempuan yang sudah melakukan pemeriksaan IVA secara rutin. Pelayanan pemeriksaan IVA ini dapat dilakukan di Puskesmas terdekat setiap hari jam kerja,” kata Rustam.

Kegiatan ini diikuti antusias oleh ibu-ibu dilingkungan Kelurahan Pinang Kencana dan dihadiri oleh Tim Penggerak PKK Kota Tanjungpinang, TP PKK kelurahan se-Kecamatan Tanjungpinang Timur, Lurah Pinang Kencana dan tim medis dari Puskesmas Batu 10.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here