•  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Jakarta, 20/03/2017 Halodunia.net – Pagi ini (20/03) Kapolri Jenderal Polisi Drs. H. M. Tito Karnavian, M.A., Ph.D menghadiri Rakernis Bareskrim Polri Tahun 2017 pukul 09.10 wib, Rakernis Bareskrim Mabes Polri Tahun 2017 dengan Tema ” Strategi mewujudkan penegakkan hukum yang profesional dan berkeadilan “, bertempat di Ruang Krakatau Hotel Mercure Ancol Pademangan Jakarta Utara.

Dalam kegiatan Rakernis Bareskrim ini jumlah peserta yang hadir sebanyak 250 orang terdiri dari Para Dirreskrimum Polda, Dirreskrimum Polda, Dirnarkoba Polda, dan Pejabat Bareskrim Mabes Polri. Pelaksana acara kegiatan ini dari Bareskrim Mabes Polri dan selaku Penanggung Jawab Brijen Pol Drs Joko Hartanto SH Msi ( Karowassidik Bareskrim Polri ).

Kapolri Jendral Pol. Drs H M Tito Karnavian MA PhD membuka acara Rakernis tersebut, berikut daftar nama Pejabat Utama yang hadir dalam Rakernis Bareskrim Mabes Polri Tahun 2017 dengan Tema ” Strategi mewujudkan penegakkan hukum yang profesional dan berkeadilan “.

1. Wakapolri Komjen Pol Drs Syarifudin SH MH.
2. Kalemdiklat Polri Komjen Pol Drs Muhgiyanto SH MH.
3. Kabareskrim Polri Komjen Pol Drs. Ari Dono Sukmanto SH MH.
4. Kabaintelkam Komjen Pol Drs. Lutfi Luhbiyanto SH MM.
5. Kepala BNN Komjen Pol Drs Budi Waseso SH MH.
6. Kakor Brimob Polri Irjen Pol Drs Murad SH MH.
7. Kakor Lantas Polri Irjen Pol Royke SH MH
8. Korpri Kapolri Irjen Pol Drs Ungguh SH MH
9. Wakabareskrim Polri Irjen Pol Drs Antam Novambar SH M.hum.
10. Karobinopsnal Bareskrim Polri Brigjen Pol Drs Yohanes Bernadus SH.
11. Karorenmin Bareskrim Polri Brigjen Pol Drs Sobri Efendy Surya SH.
12. Karowassidik Bareskrim PolriBrijen Pol Drs Joko Hartanto SH MSi.
13. Karokorwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Pol Drs Mulyana SH MSc
14. Kapuslabfor Bareskrim Polri Brigjen Pol Drs Alex Mandalika SH.
15. Karopusinafis Bareskrim Polri Brigjen Pol Drs Bekti Suhartono.
16. Karopusinafis Bareskrim Polri Brigjen Pol Drs Muhammad Hasan Amrozi SH MH.
17. Kapolres Metro Jakut Kombes Pol Dwiyono SH MSi.

Sambutan dari Kabareskrim Polri yang intinya mengucapkan terima kasih atas hadirnya bapak Kapolri dalam acara pembukaan Rakernis Bareskrim kali ini, diharapkan dengan kehadiran bapak Kapolri dapat membarikade masukan kepada para peserta selama mengikuti Rakernis.
” Bareskrim saat ini telah mengupayakan untuk mengoptimalkan penyidikan sesuai dengan peraturan yang telah tertuang dalam peraturan Kapolri No 12 tahun 2012 tentang management penyidikan tindak pidana, namun demikian dalam pelaksanaanya proses penanganan tindak pidana selama ini masih jauh dari yang diharapkan oleh masyarakat karena masih kekurang pedulian terhadap laporan yang ditangani” jelas Kabareskrim Polri.
Perubahan paradigma baru tentang keadilan dalam hukum pidana merupakan fenomena global yang sudah mendunia menyebabkan masyarakat baik Nasional maupun Internasional semakin menyadari dan menyepakati perlu adanya perubahan pola pikir dalam menangani tindak pidana dan penegakan hukum.

Setelah Kabareskrim menyampaikan sambutan sekaligus sedikit uneg uneg, KApolri pun memberikan sambutannya dan mengucapkan terima kasih juga kepada seluruh jajaran Bareskrim yg telah hadir dalam acara Rakernis ini. “Peningkatan kinerja publik dilingkungan Polri khususnya reskrim, seperti perbaikan pelayanan publik yang berbasis IT seperti masyarakat yang tidak perlu lagi harus membuat laporan polisi ke kantor polisi dusun berjam – jam di ruang SPK, tetapi cukup dengan laporan melalui IT, begitu juga hal nya dengan panic button masyarakat cukup mencet tombol dimana ada kejadian, sehingga petugas yang terdekat dapat langsung menuju datangi TKP” ungkap Kapolri.
Profesionalisme dalam penegakan hukum saya minta kepada jajaran reserse agar berbuat lebih baik, jangan ada mafia hukum, segera proses suatu perkasa dengan cepat dan ini bisa dilakukan dengan baik, jangan memaksakan untuk mempercepat suatu masalah, di Indonesia masih melakukan sistem manual sedangkan diluar negeri sudah memakai Cadar Management System’. Harkamtibmas sangat perlu untuk masalah konflik sosial seperti kasus yang terjadi di Tanjung Balai dapat mempengaruhi roda perekonomian Indonesia dan ini merupakan preoritas bagi jajaran reskrim.

Masalah terorisme pihak reskrim juga harus bekerja paralel dengan Densus agar dapat mendeteksi semua pergerakan teroris yang ada di Indonesia saat ini.
” Masalah Narkotika, Narkoba merupakan musuh besar bagi bangsa Indonesia dan masalah utama saat ini, saya harapkan agar jangan kongkalikong dengan para bandar Narkoba, reserse segera bergerak dengan jajaran BNN untuk melakukan langka tindak tegas terhadap para pengedar Narkoba” perintah Jenderal Tito.

Kegiatan pembukaan selesai pada pukul 10.25 wib, lalu dilanjutkan dengan sesi foto bersama dengan Bapak Kapolri dengan pejabat Mabes Polri dan seluruh peserta Rakernis.

Kapolri beserta pejabat Mabes Polri meninggalkan lokasi acara pukul 11.00 wib, dilanjutkan dengan pengarahan yang disampaikan oleh Kepala BNN Komjen Pol Drs Budi Waseso SH MH.


  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •