Surabaya – Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini memimpin sidak saluran air, rumah pompa dan tanggul Kali Porong. Langkah ini dilakukan untuk mengantisipasi banjir menjelang musim penghujan.

Risma mengajak Kepala Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Erna Purnawati untuk mengecek semua infrastruktur, Sabtu (11/11/2017).

Beberapa titik menjadi fokus sidak Risma. Titik pertama di saluran air bundaran dolog yang baru selesai dikerjakan setelah pelebaran Frontage Road Jalan Ahmad Yani sisi barat.

“Saya kira melihat saluran seperti kami siap menghadapi musim hujan meski ada beberapa titik yang masih dalam pengerjaan,” katanya saat sidak di saluran bundaran dolog.

Usai mengecek saluran bundaran dolog, Risma melanjutkan sidak ke rumah pompa Kalisari Timur. Disini, ia menunjukkan upaya yang sudah dilakukan Pemkot Surabaya dengan menambah kapasitas pompa yang mampu menyedot air menjadi 3 meter kubik/detik dari kapasitas sebelumnya hanya 1,5 m kubik/detik.

“Sebelum kita tambah kapasitas, jembatan di depan kita bongkar karena konstruksinya menghalangi air,” ujarnya.

Setelah itu, Risma melanjutkan sidaknya ke saluran air di kawasan Dupak. Sebelum mengecek sungai Dupak, Risma sempat meminta ke warga yang memarkir sepeda motor di atas pedestrian untuk memindahnya ke bawah.

“Pak parkirnya jangan di atas. Di bawah sini saja,” ujarnya.

Ia juga mengatakan bahwa endapan lumpur di sungai tersebut separuh dari kapasitas sungai. “Dulu separuh, ketika hujan dengan intensitas tinggi, sungai ini tidak menampung sehingga kita lakukan normalisasi dan pendalaman sehingga kawasan Dupak dan Demak sudah tidak ada genangan yang lama,” katanya.

Puas melakukan sidak sungai Dupak, Risma melanjutkan ke Rumah Pompa Balong 2. “Ini seperti Kalisari, kapasitasnya kita tambah dan mampu menarik air hingga kawasan HR Muhammad dan Mayjend Sungkono,” ungkapnya.

Belum puas, Risma melanjutkan sidak ke tanggul Kali Lamong. Disini dia mengungkapkan jika proyek tanggul saat ini yang dikerjakan murni menggunakan uang APBD Surabaya.

“Dulu ada bantuan dari pusat hanya sekitar 2 Km, tapi kita terus bangun hingga kita bangun di kawasan Gendong, Sumber Rejo,, Kelurahan Pakal,” tambah mantan Kepala Bappeko dan DKP Surabaya ini.

Di tanggul Kali Lamong ini, Risma mengakhiri sidak untuk memastikan kesiapan musim hujan untuk mengantisipasi banjir.

Detik.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here