Penyanyi cilik Tanah Air Jane Callista berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah menyanyi tingkat dunia. Jane memenangkan dua kompetisi menyanyi dalam waktu yang hampir berdekatan di Eropa dan Amerika.

Pertama, Jane Callista memenangkan kompetisi menyanyi online yang diadakan Chicago International Music Competition 2020, Amerika Serikat. Kedua, artis cilik jebolan Purwa Caraka Music Studio (PCMS) itu juga memenangkan kompetisi The Song International – World Vocal Competition 2020 di Spanyol.

Untuk kompetisi menyanyi di Spanyol, jurinya adalah Valérie Beney (Swiss), Marina Caro (Rusia), Olga Gribkova ( Rusia), dan Montserrat Marti (Spanyol). Mereka adalah tokoh di bidang musik yang gemilang secara akademik maupun praktik.

Jane Callista bercerita, dia menyanyikan lagu musikal dan folk song secara live di ajang tersebut. Dia melakukan pengambilan gambar di ruang auditorium PCMS tanpa ada proses editing sama sekali. Karena sesuai peraturan, semua konten video dari para kontestan tidak boleh ada proses penyuntingan baik gambar maupun suara.

“Kompetisi di Chicago diikuti lebih dari 400 orang peserta dari 22 negara, dan Jane menjadi juara 1 di vocal division 2020,” terang Jane.

Kemenangannya di dua kompetisi tersebut membuat Jane berhak atas hadiah berupa uang dalam bentuk dollar di Chicago. Sementara kompetisi menyanyi di Eropa, salah satu hadiahnya berupa, Jane diundang ke Sea Sun Festival Spain pada Mei 2021.

Jane juga membagikan pengalamannya mengikuti kompetisi online. Dia mengatakan, mengikuti lomba via daring ternyata tidak sesimpel yang dibayangkan orang-orang meskipun tidak bertatap muka secara langsung dengan dewan juri.

“Justru kesulitan sangat tinggi karena harus sempurna di setiap momen. Harus tampil super maksimal agar teknik dan rasa dari lagunya bisa sampai ke Juri yang menonton lewat media layar. Saya tetap mempersiapkan diri sebaik-baiknya karena saya membawa nama negara kita di kompetisi dunia, ” kata Jane Callista.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments