Kepulauan Raja Ampat yang terletak di Papua Barat kaya dengan kekayaan lautnya yang digadang-gadang terlengkap di muka bumi. Nama Raja Ampat merupakan 4 pulau utama yang menghasilkan lukisan batu kuno yaitu pulau Waigeo, Salawati, Batanta, dan Misool.

Disini wisatawan domestic maupun mancanegara akan takjub dengan keindahan yang ditawarkan di Raja Ampat. Dengan kepulauan yang mencangkup hingga 4,6 Juta hektar tanah dan lautnya serta lebih dari 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan, serta 700 jenis moluska. Menurut The Nature Concervancy and Concervation International sekitar 75% spesies laut dunia tinggal di kepulauan Raja Ampat.

Tidak hanya kekayaan alam bawah lautnya, Raja Ampat juga memiliki banyak hal menarik di atas permukaan lautannya. Banyak sekali pantai-pantai yang indah tersebar di seluruh kepulauan Raja Ampat. Umumnya, pantai ini berpasir putih dan memiliki kehalusan mendekati tepung. Selain itu, pulau-pulau yang membentuk deretan tebing tinggi pun banyak terdapat di Raja Ampat. Bahkan, beberapa tempat seperti Piaynemo, Teluk Kabui, dan Wayag telah terkenal hingga ke seluruh dunia lebih dulu sebelum dikenal di negara Indonesia.

Hutan-hutan tropis pun tidak kalah menariknya, bahkan ada beberapa tempat seperti desa Sawinggrai atau desa Saporkrein yang menyuguhkan pengalaman tak terlupakan melihat burung Cenderawasih dari dekat. Seperti kita ketahui, burung Cenderawasih adalah burung langka dan cantik khas Papua yang sering disebut sebagai burung surga.