Sering kita mendengar tentang istilah-istilah seperti url, domain, host dan lain sebagainya. Sebenarnya apa artinya? Apa peranan dan kegunaanya? Jika dilihat di kamus bahasa Inggris atau google translate ada yang tidak memiliki arti, ada juga yang memiliki arti tapi sama sekali tidak ada hubungan dengan website. Seperti kata domain misalnya, dalam terjemahan bisa berarti daerah atau wilayah kekuasaan. Pengertian yang kurang nyambung dengan konteks web saya rasa.
Berikut ini saya sajikan 4 istilah penting yang perlu dipahami oleh orang awam tentang website. Tentu saja pengertiannya tidak saya ambil dari google translate, melainkan dari wikipedia dan beberapa sumber lain di internet.

Web atau Website

Sering kita mendengar kata ini tapi ketika ditanyakan, tidak banyak orang yang bisa menjelaskan apa arti sebenarnya. Website atau sering disingkat web sebenarnya adalah sekumpulan dokumen yang disusun secara hirarki dan saling bertaut satu sama lain.
Umumnya dokumen web berformat html, php, atau asp dan hanya bisa dibuka dengan menggunakan browser dan web editor. Dokumen tersebut juga sering disebut page atau halaman web. Lihat gambar di bawah ini
Screenshot_17
Pada contoh di atas, halaman web adalah yang di dalam kotak berwarna merah.

URL (Uniform Resource Locator)

Jika urusannya download dan upload, kata ini pasti sering kita dengar. URL adalah serangkaian karakter yang menunjukkan alamat dari suatu dokumen.
URL tidak selalu berhubungan dengan web, lokasi suatu dokumen dalam folder di komputer kita juga merupakan URL.

Domain

Ini adalah kata paling penting yang harus kita tahu. Domain atau sebenarnya domain name adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server komputer di jaringan komputer atau internet. Mungkin agak susah dipahami,
Jadi domain adalah yang biasa kita sebut alamat web. Domain sendiri tersusun dari 3 atau 4 komponen. sesuai dengan gambar di atas.
  • TLD (Top Level Domain) merujuk pada huruf-huruf terakhir setelah tanda titik dalam sebuah nama domain. TLD sendiri masih terbagi menjadi 2 jenis  gTLD dan ccTLD.
  • gTLD (global Top Level Domain) contohnya .com, .net, .org, dan lain sebagainya.
  • ccTLD (country code Top Level Domain) menyertakan kode negara. contohnya .web.id, .co.id, .go.id, dan masih banyak lagi.
  • Subdomain merupakan bagian dari sebuah nama domain. Biasanya letak subdomain di sebelah kiri TLD sebelum tanda titik. contohnya .blogspot, .wordpress, .jimdo, .webly, dan masih banyak lagi.
Yang penting untuk pembaca ketahui, domain itu harganya mahal. Harga domain dipengaruhi oleh jenis TLD. Ada banyak penyedia domain dan memberikan harga serta promo yang berbeda-beda.
Namun beda halnya dengan subdomain. Jika suatu domain atau alamat web mempunyai subdomain di rangakaiannya. Berarti domain tersebut bersifat gratisan atau cuma-cuma. Jadi, kalau sobat pembaca mendapat sms yang memberitahukan bahwa sobat pembaca mendapatkan hadiah undian.
Dalam sms tersebuat biasanya disertakan alamat web untuk membuktikan kebenaran undian tersebut. Dan alamat webnya biasanya mempunyai subdomain alias gratisan (contoh:hadiahundian.webly.com)
maka sobat pembaca perlu curiga, “masak hadiah undian nilainya berjuta-juta, websitenya pake gratisan?”. Jadi OOT nih, gak apa-apa sekedar intermezo.

Host

yaitu tempat website itu berada. www menunjukkan bahwa website tersebuat ada di internet.

Web Hosting adalah  penyedia lahan (host) tempat kita naruh web di internet. Biasanya web hosting juga menyediakan domain, jadi di sinilah kita bisa membeli domain dan juga host. Tapi, kurang tepat juga kalau saya sebut membeli. Lebih tepatnya sewa, karena umumnya host dan domain tadi disewakan selama 1 tahun dengan harga tertentu. Jika sampai tanggal jatuh temponya biaya tidak dibayar, maka website yang sudah kita letakkan di internet tidak akan bisa dibuka lagi.

Web hosting ada yang luar negeri ada juga yang dalam negeri. Masalah fasilitas dan pelayanan saya kira sama, bedanya pada cara pembayaran.
Untuk web hosting luar negeri biasanya menggunakan pembayaran dari kartu kredit atau rekening virtual seperti paypal. Sedangkan, web hosting Indonesia menyediakan metode pembayaran melalui rekening bank.
Contoh web hosting luar negeri misalnya godaddy.com dan hostgator.com. Dan contoh web hosting milik orang indonesia misalnya rumahweb.com dan hostinger.co.id.
SHARE
Previous articleBlog VS Website
Next articleApa Itu Blog Zombie ??

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here