Sosok Hadi Pranoto tiba-tiba menjadi banyak diperbincangkan netizen. Hadi adalah pria yang diwawancarai penyanyi Anji dan mengklaim sudah menemukan antibodi COVID-19.

Nama Hadi Pranoto dan Anji lalu menjadi trending topic di Twitter. Potongan video wawancara keduanya banyak beredar di media sosial.

Lalu siapakah Hadi pranoto yang dalam video tersebut menyebut dirinya profesor dan ahli Mikrobiologi? Mengutip berbagai sumber, berikut 5 fakta Hadi Pranoto:

1. Mengaku sudah temukan antibodi COVID-19

Dalam video ‘Bisa Kembali Normal? Obat COVID-19 Sudah Ditemukan’, Hadi Pranoto mengklaim sudah menemukan antibodi COVID-19. Ia bahkan mengaku sudah memproduksi dan membagikan 250 ribu botol antibodi kepada masyarakat secara cuma-cuma dan terbukti berhasil.

“Sudah terbukti banyak yang positif kita obati semua kemudian banyak yang menjelang terinfeksi kita obati sembuh semuanya. Dan bahkan mereka menyampaikan kepada saya bahwa ‘obatnya luar biasa, saya menjadi muda kembali’. Jadi ada sesuatu yang lebih dari antibodi COVID-19 ini,” kata Hadi Pranoto.

2. Mengaku Kepala Tim Riset Formula Antibodi COVID-19

Hadi Pranoto memperkenalkan dirinya sebagai profesor saat diwawancarai Anji. Ia juga mengaku sebagai Kepala Tim Riset Formula Antibodi COVID-19.

Hadi mengatakan telah menemukan ‘obat COVID-19‘ itu dari hasil penelitiannya bersama tim selama 20 tahun. Obat yang ditemukannya ini dibuat dengan bahan herbal yang tidak dijual secara umum.

“Kalau dari saya secara langsung tidak memperjualbelikan antibodi ini, kita sudah berbagi banyak sekali kepada masyarakat secara gratis,” ujar Hadi Pranoto.

Hadi Pranoto dan Anji/ Foto: Instagram @duniamanji

3. Gelar Hadi Pranoto dipertanyakan

Usai video wawancara ini beredar, banyak netizen mencari kebenaran soal gelar Hadi Pranoto. Di Twitter, akun @Aliurrida mengunggah screenshot foto website Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti) untuk mencari data Hadi Pranoto. Namun, nama dan gelar yang muncul tidak ada yang sesuai dengan sosok hadi Pranoto di video.

Akun lainnya juga mengomentari nama dan gelar Hadi Pranoto tidak ditemukan dalam data Konsil Kedokteran Indonesia (KKI). Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI), dr. Slamet Budiarto juga membenarkan soal temuan ini dan meminta pihak kepolisian turun tangan.

“Dicari (database IDI) enggak ada, dan penegak hukum harus turun tangan. (Pernyataannya) membahayakan masyarakat,” ucap Slamet, dikutip dari detikcom.

4. Pernyataan Hadi dianggap bohong

PB IDI menegaskan bahwa pernyataan Hadi Pranoto dalam video musisi Anji yang mengklaim menemukan ‘obat COVID-19‘ adalah sebuah kebohongan. IDI menilai bahwa pernyataan yang dilontarkan dalam video bisa dikategorikan tindak pidana.

“Kan artinya itu pembohongan kepada masyarakat, dan itu bisa dipidana ya. Si artis Anji itu harus bisa membuka dia kerja di mana, profesornya di mana, kan enggak jelas,” ujar Slamet.

Sementara itu, Juru bicara Satgas COVID-19 Prof Wiku Adisasmito meminta publik tidak mudah percaya terhadap sesuatu yang belum dibuktikan kebenarannya. Ia meminta masyarakat juga ikut aktif mencari kebenaran, Bunda.

“Mengenai siapa Saudara Hadi Pranoto, silakan ditelusuri apakah yang bersangkutan adalah seorang profesor atau peneliti (dari institusi perguruan tinggi/riset mana) seperti yang sedang beredar saat ini,” kata Wiku.

5. Hadi Pranoto terkait keluarga yang gelar hajatan di Bogor

Masih ingat dengan berita hajatan di Bogor yang heboh digelar saat masa COVID-19? Hadi Pranoto ternyata memiliki hubungan kekeluargaan dengan Surya Atmaja atau Abah Surya, tuan rumah acara.

Hadi Pranoto adalah anak asuh Abah Surya. Acara yang digelar pada 28 Juni 2020 ini menjadi viral karena mengundang pedangdut Rhoma Irama.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments