Halodunia.net – Menteri Kesehatan RI Terawan Agus Putranto kini tengah ramai diperbincangkan warganet. Pasalnya, Terawan dinilai jarang tampil ke publik di saat kasus virus corona (COVID-19) Tanah Air terus meningkat.

Najwa Shihab dalam acara “Mata Najwa” bahkan “mewawancarai” kursi kosong karena Terawan belum bisa hadir langsung meski sudah beberapa kali diundang. Najwa menilai Terawan sebagai Menkes paling low profile di seluruh dunia selama masa pandemi corona karena jarang muncul ke depan publik.

Salah satu pertanyaan yang dilontarkan Najwa saat “mewawancarai” kursi kosong tersebut adalah apakah Terawan siap mundur dari jabatannya sebagai Menkes. “Apakah penanganan kita lebih baik dari negara-negara yang Menkes-nya mundur? Publik, di antaranya lewat petisi, meminta kebesaran hati Anda untuk mundur saja. Siap mundur pak?” tanya Najwa.

Setidaknya, ada 10 negara yang Menkes-nya mengundurkan diri atau dipecat selama masa pandemi corona ini. Alasannya pun beragam, mulai karena gagal menekan jumlah kasus positif COVID-19 hingga adanya konflik dengan Kepala Negara. Berikut daftar negara yang Menkes-nya mundur selama pandemi:

1. Brasil

Hanya dalam kurung waktu kurang dari sebulan, dua Menkes Brasil berhenti dari jabatannya. Yang pertama adalah Menkes Luiz Henrique Mandetta yang dipecat oleh Presiden Jair Bolsonaro karena perbedaan pandangan pada 16 April 2020 lalu. Kemudian yang kedua adalah Menkes Nelson Teich yang mengundurkan diri pada 15 Mei 2020 lalu.

2. Belanda

Mantan Menkes Belanda, Bruno Bruins, adalah Menkes pertama yang mengundurkan diri dari jabatannya selama pandemi COVID-19. Tercatat, Bruno mengundurkan diri sebagai Menkes Belanda pada 19 Maret 2020 lalu.

3. Ceko

Mantan Menkes Ceko Adam Vojtech baru saja mengundurkan diri pada Senin (21/9) pekan lalu. Vlojtech mengundurkan diri karena jumlah kasus COVID-19 di negaranya melonjak.

4. Polandia

Menteri Kesehatan Polandia Lukasz Szumowski mengungkapkan pengunduran dirinya pada 18 Agustus 2020 lalu. Awalnya, Szumowski berencana mengundurkan diri awal tahun ini, namun ia bertahan untuk menghadapi pandemi corona dan memutuskan berhenti pada Agustus lalu.

5. Pakistan

Mantan Menkes de facto Pakistan Zafar Mirza mengundurkan diri pada 29 Juli 2020 lalu. Ia mengundurkan diri dengan alasan kritik terhadap penasihat pemerintahannya yang memiliki kewarganegaraan ganda. Mirza mengaku puas karena mengundurkan diri di saat kasus COVID-19 Pakistan telah menunjukkan tren penurunan.

6. Kazakhstan

Mantan Menkes Kazakhstan Yelzhan Birtanov mengundurkan diri pada 25 Juni 2020 lalu. Ia mengundurkan diri usai terkonfirmasi positif COVID-19 dengan komplikasi, padahal kala itu Kazahkstan tengah mengalami lonjakan kasus di gelombang kedua.

7. Rumania

Mantan Menkes Rumania Victor Costache mengundurkan diri pada 26 Maret 2020 lalu. Melansir Bloomberg, sang Menkes mengundurkan diri ketika negara itu berjuang untuk menahan penyebaran virus corona dengan ratusan dokter dan perawat yang dinyatakan positif COVID-19.

8. Selandia Baru

Mantan Menkes Selandia Baru David Clark mengundurkan diri pada 2 Juli 2020 lalu karena serangkaian kesalahan pribadi selama pandemi corona. Salah satunya adalah karena Clark telah melanggar aturan lockdown ketat yang diterapkan di negaranya.

9. Ekuador

Mantan Menkes Ekuador Catalina Andramuno mengundurkan diri pada 21 Maret 2020. Lonjakan kasus COVID-19 di awal pandemi membuat Andramuno mengundurkan diri dari jabatannya.

10. Chili

Mantan Menkes Chili Jaime Manalich mengundurkan diri pada 13 Juni 2020 lalu. Ia mengundurkan diri tak lama setelah 234 kematian COVID-19 dilaporkan dalam 24 jam.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments