Halodunia.net – Ketua Komisi  XI DPR RI Dito Ganinduto optimis jurang resesi yang bakal dialami Indonesia tidak akan berlangsung lama. Menurut dia, jaring pengaman sosial, berupa bantuan sosial yang telah digelontorkan pemerintah akan membuat perekonomian terus membaik.

“Pada kuartal 2 2020 pertumbuhan ekonomi terkontraksi -5,32 persen, dan kuartal 3 diproyeksikan -1,92%, ini menunjukkan bahwa di Q3 ada momentum perbaikan perekonomian meskipun Q3 negatif. Saya optimis kontraksi terhadap keseluruhan indiktor perekonomian tidak berkepanjangan dan jaring pengaman sosial terus disalurkan kepada masyarakat,” uca Dito dalam keterangan tertulisnya Rabu (23/9/2020).

Dito memastikan Komisi XI terus mendukung langkah-langkah pemerintah menciptakan daya ungkit perekonomian melalui berbagai kebijakan baik disektor kesehatan, jaring pengaman sosial, dan ekonomi, serta memaksimalkan belanja daerah kepada 8 daerah yang secara langsung dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.

“Sehingga, di kuartal 3 dan kuartal 4 keseluruhan ekonomi tidak terkontraksi terlalu dalam dan keseluruhan perekonomian kita harapkan di akhir tahun dapat tumbuh positif sesuai dengan yang kita harapkan bersama,” ucap dia.

Pakai Produk dalam Negeri

Politikus Partai Golkar itu berharap dalam mendukung kebijakan perekonomian nasional saat ini, masyarakat  mengkonsumsi produk dalam negeri sehingga tercipta demand sebagai daya dorong membangkitkan produksi dalam negeri.

Ke depan kita harus optimis terhadap keseluruhan kebijakan Pemerintah yang terus disalurkan kepada masyarakat dan menjaga disiplin protokol Covid-19,” Dito menandaskan.