Komitmen importir gula melakukan pembelian gula petani di level harga Rp 11.200 per kilogram mulai teralisasi. Pembelian gula petani dilakukan sejumlah importir dari petani dengan melakukan secara bertahap.

“Untuk grup kami, sudah mulai melakukan pembelian (gula petani) secara bertahap. Kita targetkan pembelian dilakukan dalam dua tahap dengan total pembelian sekitar 10.100 ton. Untuk tahap pertama sudah terealisasi seluruhnya,” ujar Indra Suryaningrat dari grup usaha yang membawahi tiga perusahaan yakni PT Sentra Usahatama Jaya, PT Andalan Furnindo dan PT Medan Sugar Industry dalam keterangannya di Jakarta, Kamis (3/9).

Hal yang sama juga dilakukan importir gula PT Dharmala Usaha Sukses yang mengaku telah melakukan pembelian gula dari petani.

“Kami importir secara bertahap merelisasikan pembelian Rp11.200. Memang memang saat ini ada kendala yang berat, yaitu harga lelang sekarang ada dikisaran Rp10.600. Jadi kalau kami sekarang beli dan langsung jual maka pasti rugi banyak,” kata Nugroho Adi Saputro dari PT Dharmala. Begitupula dengan beberapa importir lain yang berkomitmen melakukan penyerapan gula tani.

Sebelumnya, Anggota Komisi VI DPR, Nusron Wahid dlam rapat kerja dengan Kementerian Perdagangan, mengingatkan Mendag Agus Suparmanto terkait dengan kebijakannya yang telah menugaskan BUMN dan perusahaan importir gula membeli gula petani di level harga Rp 11.200 per kg.

Berdasarkan pengakuan dari sejumlah importir, kebijakan pembelian gula dari petani telah dilakukan.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments