Hidup Pas-pasan, Polisi ini Mampu Merawat Puluhan Anak Asuhnya

0
174
Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Machud Arifin, S.H memberikan penghargaan kepada Brigadir Pol. Rochmat Tri Marwoto,S.H, personel Brimob Detasemen C Pelopor Polda Jatim, Madiun. Penghargaan diberikan atas dedikasi dan pengabdian kepada masyarakat mendirikan dan mengelola panti asuhan bertempat di Desa Klagen Serut, Kecamatan Jiwan, Kabupaten Madiun, Selasa (21/11/2017).
Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol. Machud Arifin, S.H mengaku terenyuh atas  inisiatif Brigadir Pol. Rochmat yang telah menginspirasi seluruh jajaran Polri maupun masyarakat sipil, karena kepeduliannya kepada masyarakat sekitar.
“Ini merupakan reward bagi anggota yang telah peduli mengasuh anak terlantar dan membantu orang lain dalam program bedah rumah hingga selesai. Tentu ini mengharukan buat kita, jangankan saya sebagai pimpinan, masyarakat pun saya rasa juga akan sama. Karena ini merupakan pekerjaan yang sangat mulia,” jelas Kapolda Jatim, usai upacara pemberian penghargaan kepada Brigadir Rochmat, Selasa (21/11/17).
Sebelumnya, Brigadir Pol. Rochmat mengawali perbuatan terpujinya itu sejak tahun 2007, dimana ia memiliki 64 anak asuh, yang saat ini tinggal 17 anak, 11 diantaranya anak perempuan dan enam anak laki-laki. Anak-anak tersebut diasuh layaknya anak kandung sendiri dan diberikan fasilitas pendidikan hingga sarjana. Dengan kehidupan yang pas-pas an, namun semangat Brigadir. Pol. Rochmat tidak pernah surut.
Brigadir Pol. Rochmat mengatakan bahwa niatnya mengasuh hingga menyekolahkan anak-anak yang kurang mampu, serta eks pengguna narkoba berawal sejak dirinya di bangku kuliah, karena ia ingin membantu meringankan beban masyarakat yang kurang mampu.
Selain itu, Brigadir Pol. Rochmat menjelaskan bahwa anak asuhnya bukan hanya berasal dari Madiun saja, namun juga dari Magetan, Pacitan hingga Nganjuk. Dari 17 anak yang diasuh, enam diantaranya masih bersekolah tingat SLTA, dan tujuh anak menempuh pendidikan sarjana, dua lainnya di tingkat SLTP, dan seorang balita.
“Saya sudah bertekad untuk menyekolahkan anak-anak sampai pendidikan yang lebih tinggi, agar kedepan bisa menjadi bekal yang lebih baik. Jadi di rumah itu ya saya asuh seperti anak saya sendiri,” pungkas Brigadir Pol. Rochmat Tri Marwoto,S.H.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here