Angkot Modern Kota Bogor Gunakan E-Money Minggu Depan Mulai Beroperasi

0
890

Halodunia.net – Bogor, ¬†Warga Kota Bogor, Jawa Barat, akan memiliki ‘Angkot Modern’ yang beroperasi pada akhir September 2018. Angkutan dalam kota itu dilengkapi dengan fasilitas pendingin udara atau AC, TV, Wifi, CCTV, bahkan tempat mengisi daya baterai (telepon genggam)

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bogor Rachmawati mengatakan, rencananya, angkot modern beroperasi pada Selasa, 25 September 2018. Pembayarannya pun dengan transaksi nontunai atau e-money.

“Untuk beroperasinya menunggu selesai surat-surat perizinan dari kita dulu,” ungkap Rachmawati di Bogor, Senin, (17/9/2018)

Kenyamanan itu, lanjut Rachmawati, bertujuan mengembalikan warga sebagai pengguna angkutan umum. Selain itu, keberadaan ‘Angkot Modern’ pun menawarkan keamanan penumpang.

Sebagai tahap awal, Pemkot meluncurkan 25 unit. Angkot melintasi koridor TransPakuan. Angkutan itu berwarna putih dan berkapasitas 12 orang.

Rencananya, ujar Rachmawati, Pemkot menyediakan 120 Angkot Modern. Unit-unit itu akan mengganti 180 angkot konvensional.

Kepala Bidang Angkutan Dishub Kota Bogor Jimmy Hutapea menargetkan program tersebut 100 persen dicapai pada akhir September 2018. Angkot Modern akan melintasi jalur Trans Pakuan Koridor (TPK) 4, yakni Ciawi, Baranangsiang, Otista, BTM (Bogor trade mall), Sempur, Pajajaran, Warung Jambu, Pomad hingga Ciparigi. TPK 4 merupakan merger dari trayek 09, sepertiga dari trayek 21, trayek 03, trayek 02, dan trayek 07.

Untuk tarif, ujar Jimmy, masih dalam pembahasan. Rencananya, tarif sebesar Rp 4 ribu untuk penumpang yang bertransaksi dengan e-money. Bila tunai, tarifnya Rp7 ribu per penumpang.

“Tapi itu belum disepakati. Masih harus dibicarakan dengan Organda dan badan hukum lain,” terang Jimmy.(hy/rd),

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here