Keamanan akun Google merupakan hal yang harus diperhatikan oleh pengguna karena berisi data-data pribadi yang bisa disalahgunakan oleh pihak lain. Pengguna dapat mengecek keamanan akun Google dan melihat apakah komputer, ponsel, atau perangkat lain sedang atau telah menggunakan akun Google pengguna.

Pengguna dapat memeriksa informasi ini untuk memastikan tidak ada orang lain yang ke akun pengguna. Dilansir dari laman resmi Google, berikut cara mengecek keamanan akun Google:

1. Meninjau perangkat yang pengguna gunakan untuk login

Pertama, buka Akun Google dengan mengakses alamat https://myaccount.google.com/ kemudian di panel navigasi kiri, klik opsi Keamanan.

Gulir ke bawah hingga pengguna menemukan panel Perangkat Anda dan pilih opsi Kelola Perangkat. Pengguna akan melihat perangkat apa saja yang saat ini tengah login ke Akun Google pengguna. Untuk detail selengkapnya, klik pada perangkat.

2. Meninjau perangkat yang baru-baru ini digunakan untuk logout

Pertama, buka Akun Google dengan mengakses alamat https://myaccount.google.com/ kemudian di panel navigasi kiri, pilih Keamanan.

Gulir ke bawah hingga menemukan panel Perangkat Anda dan pilih Kelola Perangkat. Gulir kembali ke bawah menuju “Perangkat yang Anda gunakan untuk logout”. Pengguna akan melihat perangkat yang pengguna gunakan untuk logout dari Akun Google dalam 28 hari terakhir.

3. Cara logout di perangkat yang tidak digunakan lagi

Untuk menjaga keamanan akun, pengguna harus logout di perangkat yang hilang dan bukan milik pengguna lagi.

Untuk logout di perangkat yang tidak digunakan lagi, buka Akun Google dengan mengakses alamat https://myaccount.google.com/ kemudian di panel navigasi kiri, klik Keamanan. Gulir ke bawah hingga menemukan panel Perangkat Anda lalu pilih Kelola Perangkat. Pilih perangkat > Logout.

Logo Google. [Shutterstock]

4. Mengamankan akun jika melihat perangkat yang tidak dikenal

Pertama, buka Akun Google dengan mengakses alamat https://myaccount.google.com/ kemudian di panel navigasi kiri, klik Keamanan. Gulir ke bawah hingga menemukan panel Perangkat Anda. Pilih Kelola Perangkat > pilih opsi Tidak mengenali perangkat?.

Pengguna mungkin tidak mengenali aktivitas yang sebenarnya pengguna lakukan jika pengguna mulai menggunakan perangkat baru atau pengguna menggunakan perangkat orang lain atau komputer publik. Kemungkinan lainnya adalah pengguna baru-baru ini menyetel ulang perangkat pengguna ke setelan pabrik.

Jagalah keamanan data Anda dan selamat mencoba!