Rencana Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) menggodok hari bersepeda nasional terus dimatangkan. Kota Solo pun melakukan ikrar mendukung hari bersepeda nasional tersebut.

Dukungan itu dilakukan di ajang Gowes Pesona Nusantara 2017 yang digelar di Solo pada Sabtu (18/11/2017). Total 2.000 pegowes meramaikan event Gowes Pesona Nusantara tersebut.

Event gowes tersebut semakin meriah saat Wali Kota Solo FC Hadi Rudyatmo turut hadir. Dia mengowes sepedanya dan mengambil start dari depan rumah dinas wali kota Loji Gandrung dan terus melalui jalur jalan Slamet Riyadi lanjut ke jalur Galabo dan melalui kawasan Kraton Surakarta.

Jalur terus lanjut sampai lewat supit urang dan keluar di gerbang pasar klewer sampai dengan finis di Kawasan Parkir Velodrome kompleks Stadion Manahan.

“Terimkasih kepercayaan atas kota Solo. Ini pemanasan besok pencanangannya. Mudah-mudahan jadi motivasi masyarakat Solo, mau sepeda minimal sebulan sekali nantinya,” ujar Rudy melalui rilis yang diterima detiksport.

Orang nomor satu di Solo tersebut juga berharap tahun depan, mendapatkan kesempatan kembali menjalankan even ini.

“Ajang gowes nusantara ini kebutuhan masyarakat, gebyarnya terasa memang kalau ada even seperti ini, dan kami berharap tahun depan mampir lagi di Solo,” paparnya.

Di sisi lain, Sekretaris Deputi III Kemenpora Bambang Laksono cukup senang menyaksikan peserta yang bervariasi di Solo. Bukan sekadar sepeda modern, komunitas ontel dan sepeda unik juga ambil bagian.

“Saya yang ikut menggowes merasakan bahwa jalur yang dilalui cukup nyaman, melewati tempat-tempat wisata yang ada di Solo ini, jadi setelah gowes bisa langsung geser ke tempat wisatanya,” tutur pria berkacamata ini.

Di penghujung acara dibagian finis, beberapa komunitas sepeda di Solo, kemudian melakukan ikrar mendukung hari bersepeda nasional yang akan dideklarasikan pencanangannya di Sragen, Minggu (19/11) pagi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here