Sebuah fosil wolly mammoth, lengkap dengan otot yang masih menempel di beberapa bagian tubuhnya, ditemukan oleh seorang penggembala rusa di utara Siberia, Rusia.

Fosil tersebut ditemukan di perairan dangkal Pechevalavato Lake, wilayah Yamalo-Nenets. Beberapa bagian fosil yang ditemukan antara lain tulang, rahang bagian bawah, beberapa potong tulang iga, dan potongan tulang kaki.

Wolly mammoth adalah salah satu spesies mammoth yang diperkirakan punah 10.000 tahun lalu. Para ilmuwan menyebut kepunahan mereka disebabkan oleh mutasi genetis, perburuan manusia, dan pemanasan global pada masa itu.

Meski begitu, ilmuwan percaya beberapa ekor spesies ini masih bertahan di wilayah dingin Alaska dan Wrangel Island yang berada di pesisir Siberia.

Mengutip The Independent, Minggu (26/7/2020), para arkeolog kemudian menggali fosil tersebut. Tak hanya tulang, mereka juga menemukan otot di beberapa bagian mammoth masih menempel dengan baik.

Yevgeniya Khozyainova, arkeolog dari Shemanovsky Institute, Rusia, menyebutkan bahwa penemuan fosil mammoth adalah hal yang cukup langka di dunia.

Pemanasan global di bagian utara Asia beberapa waktu ini memang menimbulkan banyaknya penemuan fosil hewan purba. Namun, mammoth termasuk penemuan langka bagi para arkeolog.

Ia mengatakan bahwa penemuan seperti ini penting bagi peneliti untuk memahami lebih jauh tentang spesies mammoth, dan kehidupan yang mereka jalani berdampingan dengan manusia purba.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments