Tapi Siapa Yang Sangka, Ternyata Kita Justru Buat Tubuh Jadi Tidak Sehat

0
345

Sebagian orang seringkali sudah merasa benar dalam membersihkan tubuh. Tapi siapa yang menyangka, ternyata kita justru membuat tubuh jadi tidak sehat?

Biarpun terkesan sepele, hal-hal di bawah ini sebenarnya tidak baik untuk dijadikan kebiasaan. Dilansir Brightside, berikut ini merupakan kesalahan yang sering dilakukan ketika membersihkan tubuh.

1. Korek Kuping

Korek kuping sering dijadikan andalan untuk membersihkan telinga. Tapi rupanya cara tersebut hanya akan menyebabkan kotoran semakin masuk ke bagian dalam. Cara terbaik untuk membersihkan telinga adalah dengan memakai alat yang terdapat di dokter THT.

2. Tidak Mencuci Tangan Setelah ke Toilet

Banyak orang sering melupakan hal ini. Padahal semua orang tahu bahwa toilet merupakan tempat kotor yang dipenuhi berbagai bakteri. Bisa terbayang, berapa banyak bakteri yang ikut termakan olehmu?

3. Tidak Mengganti Sikat Gigi

Sikat gigi yang basah bisa menjadi sarang bakteri. Ketika dipakai dalam jangka waktu lama, bakteri tersebut akan semakin menumpuk. Untuk itu, jangan lupa ganti sikat gigimu selama tiga bulan sekali.

4. Cara Gosok Gigi yang Salah

Menyikat gigi tidak boleh dilakukan secara asal, Sahabat Dream. Dokter gigi menyarankan orang untuk menggosok gigi selama setidaknya dua menit. Tentu saja diikuti dengan teknik yang benar.

5. Tidak Membersihkan Sela-sela Gigi

Menyikat gigi saja tidak cukup untuk memusnahkan bakteri dan plak penyebab gigi berlubang. Gunakan benang gigi untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak dapat terjangkau oleh sikat.

6. Eksfoliasi Setiap Hari

Kegiatan eksfoliasi seperti scrubbing pada wajah yang dilakukan terlalu sering justru dapat memicu keriput dan jerawat. Idealnya, eksfoliasi hanya boleh dilakukan seminggu sekali.

7. Tidak Membersihkan Berbagai Barang

Ada banyak peralatan rumah yang diam-diam menjadi sarang kotoran. Seperti remote TV, keyboard bahkan ponselmu. Pastikan untuk membersihkannya dengan kapas yang diolesi alkohol.

8. Pasta Gigi dengan Flouride

Terlalu sering memakai pasta gigi dengan kandungan flouride bisa menyebabkan otak terlalu banyak menyerap zat aluminium. Hal ini dapat memicu penyakit di masa tua seperti alzheimer.

9. Seprai Bantal

Ada baiknya untuk tidak memilih bahan katun sebagai seprai bantal. Bahan tersebut bisa memicu keriput dan kulit wajah kering. Gunakan bahan yang lebih baik seperti silk.

10. Vacuum Cleaner

Membersihkan debu memang paling cepat apabila dilakukan memakai vacuum cleaner. Namun jangan lupa untuk mengganti filter di dalamnya secara rutin.

11. Potong Kuku Terlalu Pendek

Kuku yang terlalu pendek bisa memicu kuku untuk tumbuh masuk ke dalam kulit. Hal ini biasa disebut dengan istilah ‘cantengan’.

12. Mengigit Kuku

Orang biasa menggigit kuku untuk mengurangi rasa stress. Tapi kebiasaan ini bisa menyebabkan banyak kuman masuk ke tubuh.

Sumber: Dreamco.id

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here