Paus Fransiskus : Salah Jika Mengaitkan Islam dengan Terorisme

0
991
ilustrasi

ROMA (fokusislam) – Pemimpin keagamaan Katolik, Paus Fransiskus menyebut bahwa tidak adil jika mengaitkan terorisme dengan agama Islam. Menurutnya, penyudutan Islam dengan ajaran teror tidaklah benar dan tepat.

Hal ini disampaikan oleh Paus Fransiskus kepada wartawan di dalam pesawat sewaktu kembali ke Roma setelah lima hari mengunjungi Polandia.

“Saya kira tidak benar mengidentifikasi Islam dengan kekerasan. Ini tidak benar dan ini tidak tepat,” kata pimpinan keagamaan berusia 85 tahun ini, demikian seperti dikutip dari antaranews, Senin (1/8/2016).

Paus menyebut bahwa ketidakadilan sosial dan pemberhalaan uang adalah penyebab utama terorisme. Terkait dengan penyudutan agama tertentu dengan pemikiran terorisme, Paus juga menyebut bahwa dalam agama Kristen pun ada yang memiliki pemikiran tersebut.

“Saya kira pada hampir semua agama selalu ada kelompok kecil fundamentalis. Kami (umat Katolik) juga memilikinya,” kata Paus.

“Saya tidak suka membahas kekerasan Islam karena setiap hari saya membaca surat kabar saya menyaksikan kekerasan di sini di Italia, ada yang membunuh pacarnya, ada yang membunuh mertuanya. Mereka semua umat Katolik yang terbaptis,” kata dia.

Menurut Paus, kalau ada yang membicarakan tentang kekerasan Islam, maka seharusnya ia juga membicarakan kekerasan dalam agama Katolik.

“Andai saya berbicara soal kekerasan Islam, saya juga harus membicarakan kekerasan Katolik. Tidak semua muslim keras,” katanya lagi. (azman)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here