Apakah Anda Sudah Pernah Ke Tebing Warna-Warni di NTT Ini? Asli Keren Banget

0
280

Di bumi ini ada begitu banyak fenomena alam yang sungguh unik. Banyak di antaranya yang membuat kita seolah-olah berada di dunia lain.

Kawasan tersebut sangat indah dan mengagumkan, hampir tidak bisa kamu temukan yang serupa di tempat lain. Misalnya saja seperti Danxia Landform yang terdiri dari tebing-tebing lengkung berwarna.

Tempat ini adalah jenis geomorfologi petrografis yang unik yang ditemukan di China. Selama jutaan tahun, lapisan berbagai jenis batu, termasuk batu pasir merah dan deposit mineral membentuk lapisan demi lapisan.

1. Tidak perlu repot-repot ke China untuk menikmati pemandangan serupa

Meskipun tidak 100 persen mirip, tapi kamu bisa melihat bukit warna-warni di Nusa Tenggara Timur (NTT). Tepatnya di Pulau Sabu, Kecamatan Hawu Mehara, terdapat sebuah tempat bernama Kelabba Maja.

Banyak orang beranggapan tempat ini merupakan Grand Canyon di Arizona atau ngarai besar ala Indonesia. Didominasi struktur kawasan berwarna merah mudah, Kelabba Maja memang layak disandingkan dengan Danxia Landform.

Kelabba Madja terdiri dari dua kata, yakni Ke’labba yang diartikan sebagai tanah abu dan Madja yang berarti nama Dewa atau sering disebut sebagai “tempat para Dewa”.

2. KelabbaMaja masih sangat alami dan jauh dari keramaian

Kamu bisa datang kapan pun ke sini. Tempatnya cukup jauh membuat Kelabba Maja kurang begitu disukai untuk wisata keluarga.

Lokasi Kelabba Maja berada dekat pantai selatan Pulau Sabu. Kamu membutuhkan pemandu penduduk asli untuk bisa berhasil menuju lokasi tersebut. Kondisi jalanan yang masih dalam proses pembangunan, membuatmu harus berjuang selama kurang lebih 2 jam.

Salah satu daya tarik Kelabba Maja adalah adanya tiga batu besar yang melambangkan bapak, ibu, dan anak. Selain itu, tempat ini dikelilingi batu granit yang sangat mencolok.

3. Kelabba Maja dianggap sebagai tempat suci untuk ritual

Seperti yang kita ketahui, orang Nusa Tenggara Timur sangat mempercayai ritual dan menghargai budaya leluhur. Tak terkecuali di Kelabba Maja. Tempat ini dijaga warga setempat bernama Efer Weue.

Kelabba Maja dipercaya masyarakat setempat yang tinggal di Dusun Kelanalalu sebagai tempat tinggal Dewa Maja. Kamu bisa menikmati liburan dengan beragam kegiatan mulai dari tempat wisata, petualangan, adat, dan budaya.

Salah satu bentuk ritualnya adalah pemotongan hewan kurban yang biasanya dilaksanakan pada Juli saat bulan purnama.

Sumber: IDN Times

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here