Gaungnya Software Crime Investigation System Polda Jatim bisa dikatakan tidak terdengar lagi, padahal itu merupakan sistem penyidikan Online pertama kali yang dibuat oleh Polri dan mampu mendapatkan Hak Cipta dan ISO di tahun 2007. Implementasi sistem penyidikan online saat ini tidak lepas dari beberapa algorithma yang diciptakan pada system Crime Investigation System atau disingkat menjadi CIS POLDA JATIM.

Kombes. Pol. Jhonny Edison Isir, S.I.K., M.T.C.P. yang saat ini menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya merupakan salah satu tim pembuatan aplikasi legendari tersebut pada  tahun 2006 dimana saat itu Informasi teknologi di Indonesia masih bisa dibilang minim sekali , Dan saat itu programer CIS adalah Muhammad Khoirul Amin, yang saat ini lebih dikenal dengan pencipta SKCK Online dengan Database Nasional.

CIS merupakan aplikasi berbasis Penyidikan Online yang didalamnya berisikan mulai data Laporan Polisi , BAP sampai dengan RESUME, aplikasi CIS dibuat untuk memudahkan penyidik dalam melakukan sebuah pemberkasan, sehingga data mulai dari LP sampai dengan Resume secara otomatis tersimpan dalam sebuah database.

Bukan itu saja Proses Penyidikan Berita Acara Pemeriksaan pun bisa secara otomatis termonitor, sehingga memudahkan pimpinan untuk koreksi jika ada kesalahan dalam sebuah penyidikan Tindak Pidana, tidak cukup sampai disitu Sistem CIS juga bisa secara otomatis mengarahkan penyidik dalam melaksanakan Pembuatan BAP berdasarkan Kasus pidana yang sedang ditangani, karena didalamnya mempunyai Ratusan ribu Bank Data Pertanyaan, yang bisa dengan mudah diakses oleh Penyidik baru.

Suka duka dalam pembuatan CIS sangat berkesan dan jadi kenangan tersendiri bagi para pencetusnya termasuk Kombes Pol Isir dan Muhammad Khoirul Amin, hingga di tahun 2020 saat Kombespol Isir menjabat sebagai Kapolrestabes Surabaya, Kenangan tersebut masih menjadi sebuah motivasi untuk tetap komitmen berinovasi untuk institusi Polri.

Mungkingkah kedua orang yang bersahabat sejak tahun 2006 ini akan mencetuskan ide ide baru dan brillian.. atau ada CIS versi 2020 ??  Kita tunggu saja ya Gaes…

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments