Di saat masyarakat menikmati aroma kopi yang begitu nikmat dan di situ jugalah aroma rasa akan melekat pada penciumannya.

Hampir semua lapisan masyarakat di seluruh Indonesia menyukai cita rasa kopi, terutama bagi masyarakat di kalangan bawah. Hal itu dibuktikan dari menjamurnya kedai kopi di sejumlah daerah pedesaan maupun perkotaan.

Surabaya misalnya, kini banyak bermunculnya warung kopi atau Warkop sebagai tempat nongkrong yang sering dikunjungi masyarakat hanya untuk menikmati sebuah kopi.

Dari pengalaman si penulis menyampaikan, jika antara Warkop satu dengan lainnya itu berbeda-beda cita rasa kopinya. Namun, yang menjadi favoritnya adalah kedai kopi di Jl. Rungkut Asri Surabaya.

Selain tempatnya yang nyaman dan santai, kopi yang disajikan juga tergolong sangat nikmat di lidah. Bahkan di setiap butuh inspirasi tentang sesuatu hal yang sulit dipecahkan, si penulis langsung mendatangi Warkop tersebut.

Menurutnya, cita rasa kopi di nilai dapat menetralisir kejenuhan dan potensi gejala stres. Apalagi di tambah dengan suasana tempat yang tenang, sehingga membuat pola pikir terasa lebih hidup.