Sebagian orang bisa memiliki tanda lahir di tubuhnya. Biasanya berbentuk tompel berwarna cokelat, hitam bakan ada yang kemerahan. Sebagian juga mengaitkan makna mitos di balik tanda lahir tersebut.

Sebetulnya ada penjelasan ilmiah di balik inii. Tanda lahir adalah jenis noda yang umum ditemukan di permukaan kulit. Ini biasanya terlihat saat lahir atau tidak lama setelah itu.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Royal Society of Medicine di London, Inggris, tanda lahir biasanya tidak berisiko bagi kesehatan dan tak bersifat kanker. Tanda lahir bervariasi dalam warna dan bentuk. Ada yang permanen dan bisa menjadi lebih besar dari waktu ke waktu. Tapi tak jarang ada yang memudar sepenuhnya. Sangat sedikit tanda lahir yang menyebabkan masalah medis yang signifikan.

Apa Penyebab Tanda Lahir?

Dilansir dari Boldsky, Minggu (23/8), para ahli kesehatan dan peneliti tidak sepenuhnya memahami mengapa beberapa bayi memiliki tanda lahir dan yang lainnya tidak. Namun, ada beberapa alasan mengapa seseorang mungkin memiliki tanda lahir.

Pertama faktor genetika. Tanda lahir tertentu bersifat turun-temurun dan diturunkan dalam keluarga tetapi sebagian besar tidak. Dalam kasus yang jarang terjadi, tanda lahir disebabkan oleh mutasi gen.

Faktor kedua yaitu sel. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa penumpukan sel yang melapisi pembuluh darah bayi dapat menyebabkan munculnya tanda lahir.

Faktor ketiga adalah plasenta. Para ahli kesehatan menyatakan bahwa sepotong kecil dari plasenta dapat bersarang di dalam embrio yang sedang berkembang di awal kehamilan, mengakibatkan perkembangan tanda lahir. Beberapa penelitian menyatakan bahwa beberapa protein yang diproduksi oleh plasenta selama kehamilan mungkin terkait dengan tanda lahir.

Faktor keempat yaitu kerusakan saraf. Ada juga kemungkinan bahwa tanda lahir dapat berkembang jika terjadi kerusakan pada saraf yang mengontrol pelebaran atau penyempitan kapiler.

Tanda lahir sendiri ada dua enis. Yaitu tanda lahir vaskular dan tanda lahir berpigmen.

1. Tanda Lahir Vaskular

Tanda lahir vaskular yaitu tanda lahir jenis ini berkembang ketika pembuluh darah ekstra menggumpal membentuk kelompok di kulit. Tanda lahir vaskular berkembang di hampir 40 persen bayi baru lahir.

Hemangioma yaitu tampak berwarna merah muda, biru, atau merah cerah dan ditemukan di kepala atau leher. Hemangioma biasanya mulai berukuran kecil dan berbentuk datar dan tumbuh selama beberapa bulan pertama kehidupan bayi.

Noda anggur (nevus flammeus). Ini disebabkan oleh pembentukan abnormal pembuluh darah kecil di bawah kulit dan dapat terjadi di mana saja di tubuh (biasanya di wajah dan leher). Tanda lahir ini dinamai sesuai warna yang dimilikinya, merah muda atau merah yang kemudian berubah menjadi merah tua atau ungu. Jenis tanda lahir ini dapat dikaitkan dengan kondisi genetik.

2. Tanda Lahir Berpigmen

Tanda lahir jenis ini berkembang ketika Anda memiliki lebih banyak pigmen di satu bagian kulit Anda daripada di bagian lain. Di antaranya, bintik biru Mongolia yaitu berbentuk datar dan bintik abu-abu kebiruan yang terjadi pada orang dengan kulit gelap alami. Bintik-bintik Mongolia biasanya terjadi di punggung bawah dan bokong dan benar-benar menghilang pada usia empat tahun.

Lalu tahi Lalat (nevi kongenital). Tahi lalat dapat terjadi di mana saja di wajah atau tubuh Anda dan merupakan salah satu jenis tanda lahir yang paling umum. Tahi lalat biasanya berbentuk bulat dan warnanya bervariasi dari merah muda hingga coklat muda atau hitam. Setiap perubahan dalam bentuk, ukuran atau warna tahi lalat dapat dikaitkan dengan kanker kulit.

Bagaimana Mengobati Tanda Lahir?

Perawatan utama untuk tanda lahir adalah membuangnya. Kebanyakan tanda lahir tidak berbahaya dan hilang tanpa pengobatan. Namun, para ahli kesehatan menunjukkan bahwa, jika tanda lahir menyebabkan masalah kesehatan, lebih baik dihilangkan.

Bagi sebagian orang, tanda lahir seperti yang ada di wajah dapat menyebabkan dan rasa tidak percaya diri. Dan apat meningkatkan risiko kondisi medis tertentu, seperti kanker kulit yang harus dipantau oleh seorang dokter kulit.

Bisa dengan kortikosteroid yakni obat anti inflamasi yang dapat diminum atau disuntikkan langsung ke tanda lahir. Lalu terapi laser yang dapat membantu menghilangkan atau meringankan noda anggur port secara signifikan, dengan bantuan sinar cahaya yang sangat terkonsentrasi. Hingga operasi atau bedah.

0 0 vote
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments