Bagi seorang blogger pertanyaan itu pasti dirasa aneh, bahkan bisa dianggap itu pertanyaan yang salah. Tapi, memang itulah yang terjadi, banyak orang yang mempunyai pertanyaan yang sama. Apakah sobat pembaca juga punya pertanyaan seperti itu? Dalam tulisan saya kali ini, saya akan coba menjawab dan membahas pertanyaan tersebut.
Seperti yang pernah saya tulis, website adalah sekumpulan dokumen dengan bahasa dan format khusus yang tersusun dan saling terkait.

Lalu apa itu blog?

Saat saya tanya ke beberapa orang yang awam dengan dunia internet, saya mendapat jawaban yang serupa. Menurut mereka blog itu yang alamatnya .blogspot.com atau .wordpress.com.
Sebenarnya blog itu adalah salah satu dari banyak jenis bentuk web yang ada di jagat internet. Jadi, blog itu adalah website juga, karena itu lah di awal saya menuliskan kalau judul pertanyaan di atas itu salah.
Blog merupakan singkatan dari web log adalah bagian dari suatu website yang biasanya dimiliki oleh individu. Fungsinya adalah mempublikasikan catatan atau ide-ide yang dimiliki oleh pengelola blog tersebut. Bisa kita simpulkan blog itu website milik pribadi. Pada awal tahun 2000-an atau tepatnya tahun 2002 saat media blog pertama kali dipopulerkan, blog merupakan bentuk online dari buku diary.
Jadi, dalam blog para pemilik blog menceritakan kisah hidup, pengalaman, dan ide-idenya (dibaca curhat). Namun, seiring perkembangan zaman, fungsi web tersebut telah diambil alih oleh social media seperti facebook, twitter, dan masih banyak lagi.

Apa sebenarnya blogspot.com dan wordpress.com?

Blogger (domain dari blogspot) dan wordpress bukanlah blog, itu adalah aplikasi web yang memungkinkan kita menyusun bentuk web yang kita inginkan atau disebut CMS(Content Management System). Keduanya juga menyediakan alamat domain berupa subdomain yang dapat kita ganti sesuai keinginan kita. Namun, tentu saja tetap ada subdomainnya. Contoh : jamhuri-james.blogspot.com
Pada zaman sekarang, blogger dan wordpress tidak hanya digunakan sebagai blog saja. Fungsinya sudah lebih banyak, antara lain sebagai berita, web forum, web e-learning, web katalog dan web e-commerce. Jadi, sobat pembaca tidak perlu membeli hosting dan domain untuk memiliki web dengan fungsi yang telah disebutkan tadi. Sobat pembaca hanya perlu membuatnya sendiri, gratis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here