Arsip Berita Kisah Nyata , Salut Dengan Orang Berpuasa, Polwan Non Muslim ini Berikan Takjil Buat Jamaah Masjid

0
764

Brigadir Dua (Bripda) Vedelia Novi Andai (20), anggota polisi wanita (Polwan) dari satuan Kepolisian Resort (Polres) Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) memiliki cara tersendiri menjaga toleransi antar umat beragama dengan warga Wakatobi yang mayoritas berbeda keyakinan dengan dirinya.

Polwan cantik berdarah Toraja, Sulawesi Selatan itu membagikan takjil buka puasa kepada para jamaah di Masjid Al Muqarabbin Kelurahan Pongo, Kecamatan Wangi-wangi, Sabtu (10/6/2017).

Mulanya, Bripda Vedelia ragu untuk melaksanakan niatnya tersebut. Dia khawatir niatnya yang mulia itu disalahartikan, khususnya jamaah yang akan berbuka puasa di Masjid Al Muqarabbin Pongo.

Namun setelah dikoordinasikan dengan Kabag Sumda Polres Wakatobi, Bripda Vedelia Novi Andai merasa mendapat amunisi baru untuk merealisasikan niatnya tersebut.

“Berawal Sabtu pagi, Bripda Vedelia Novi Andai menghadap di ruang kerjaku. Dengan maksud ingin sekali memberikan buka puasa kepada orang muslim yang menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan. Akan tetapi masih memiliki perasaan takut dan was-was jangan sampai niatnya yang mulia itu salah dalam pandangan umat Islam,” terang Kabag Sumda Polres Wakatobi, Kompol H Burudin di teras Masjid Al Muqarabbin Pongo, Sabtu (10/6/2017).

Setelah mendengar maksud dan niat baik Bripda Vedelia, Kompol H Burudin seketika merasa bangga dan terharu. Dan saat itu juga Bripda Vedelia disemangatinya untuk melanjutkan niat baiknya itu.

“Mendengar niat baik yang disampaikan itu, saat itu juga dengan perasaan bangga dan terharu menyambut baik dan mendukungnya. Setelah saya berikan nasehat serta petunjuk untuk memenuhi hajat niat sucinya itu, sekaligus saya mengajaknya untuk bersama-sama melaksanakan di lapangan agar tercipta perasaan nyaman pada dirinya,” terang Kompol H Burudin.

Pantauan Zonasultra.com, Sabtu sore sekira pukul 17.15 Wita, dengan ditemani Kabag Sumda Polres Wakatobi, Bripda Vadelia Novi Andai langsung menunaikan niatnya membagikan takjil kepada para jamaah Masjid Al Muqarabbin. Kehadiran Polwan cantik yang ditemani unsur pimpinannya itu mendapat sambutan hangat oleh para pengurus masjid.

Dengan ditemani pengurus dan remaja masjid, Bripda Vedelia Novi Andai langsung membagikan takjil menu buka puasa kepada seluruh jemaah masjid Al Muqarabbin. Sekaligus mebagikan menu buka puasa yang telah disiapkan pengurus mesjid.

Usai membagikan takjil menu buka puasa, Bripda Vedelia Novi Andai bukannya langsung pulang di asrama. Setelah azan Magrib berkumandang, Bripda Vedelia Novi Andai langsung melaksanakan pengamanan di ruas jalan depan masjid.

Tindakan mulia Polwan cantik itu mendapat tanggapan positif dari jamaah. “Kita bukan takjub karena ibu Novi seorang Polwan, akan tetapi dia telah menunjukan sikap toleransi dalam beragama,” ujar Muhammad Yunus, salah seorang jemaah Masjid Al Muqarabbin.

Untuk diketahui, Polres Wakatobi memiliki anggota non muslim sebanyak 10 orang, salah satunya adalah Bripda Vedelia Novi Andai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here